Bogor (ANTARA News) - Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Titanum setinggi 306 centimeter mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Bunganya sudah mekar enam hari yang lalu, tepatnya Selasa (26/9) mekar sempurna dengan ketinggian 306 centimeter," kata Staf Peneliti Kebun Raya Cibodas, Desti, saat dihubungi ANTARA, Senin.

Desti mengatakan, saat ini kondisi bunga langka tersebut sudah mulai layu dan menutup, karena sesuai masa tumbuhnya yang sudah hampir satu minggu mekar.

Selain itu, cuaca hujan yang turun mempercepat proses pembusukan bunga tersebut.Menurut Desti bunga ini merupakan yang kelima kalinya mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas.

"Bunga ini merupakan bunga pertama yang mekar dari sistem penyemaian biji, bukan dari umbi," kata Desti.

Ia menjelaskan, pada 2000 peneliti Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas mengambil bibit bunga bangkai di belantara hutan Jambi.Di sana peneliti mendapatkan dua umbi bunga bangkai yang sedang berbuah.

Lalu bunga tersebut ditanam di Kebun Raya Cibodas, dan biji bunga disemai dan ditanam di kawasan tidak jauh dari induknya.

Sekitar sembilan biji bunga bangkai yang disemai dari 25 biji yang ada kini mulai menunjukkan perkembangan."Dan bunga yang mekar saat ini merupakan anak pertama dari biji bunga yang disemai," katanya.

Menurut Desti, selama 11 tahun bunga tersebut dipelihara baru mekar saat ini. Ini yang menyebabkan bunga tersebut menjadi bunga langka.
(KR-LR)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011