Jakarta (ANTARA) - Google akhirnya mulai berfokus pada pengembangan fitur bagi perangkat- perangkat layar luas, hal ini dibuktikan dengan pengembangan Android 13 yang saat ini masih dalam tahapan uji coba para pengembang aplikasi dengan menghadirkan fitur “taskbar” dan “multiwindow”.

Pengembangan itu nampaknya dilakukan khusus untuk Android yang bekerja di personal computer (PC) maupun laptop.

Mengutip XDA Developers, Minggu, fitur “taskbar” pada Android 13 seperti mengadopsi tampilan seperti taskbar Windows di personal computer (PC) karena ditampilkan di bawah layar.

Baca juga: Android 13 bernama Tiramisu?

Terdapat peningkatan juga berupa taskbar aplikasi yang sebelumnya ada di Android 12L nantinya di Android 13 menjadi lebih mudah diakses dengan opsi terdapat di sebelah kanan layar tempat notifikasi dan pengaturan cepat berada.

Masih dalam versi pengembangan Android 13, nampak juga fitur “multiwindow” sudah disematdise

Jika dahulu pengguna harus membuka satu- satu aplikasi yang dimilikinya, saat ini dalam versi Android 13 ditemukan bahwa dua aplikasi dalam berjalan beriringan dalam satu layar.

Meski baru ditujukan untuk pembaruan di PC dan laptop, diharapkan pembaruan serupa bisa juga diterima oleh para pengguna Android dari perangkat tablet.

Hal itu karena saat ini sudah semakin banyak orang beralih menggunakan tablet untuk alasan fungsionalitas.

Baca juga: Google mungkin saja rilis Android 13 versi beta April 2022

Baca juga: Xiaomi 11T Pro terima pembaruan Android 12 MIUI 13

Baca juga: Xiaomi luncurkan pembaruan MIUI 13 Beta batch pertama di China

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022