Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mempercayakan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) bersama sejumlah pelaku UMKM untuk memanfaatkan kesempatan gelaran MotoGP sebagai ajang promosi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit dalam ajang MotoGP Mandalika.

“Melalui event MotoGP, Jamu Modern dan UMKM Indonesia harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, dan dapat menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas yang dapat mendorong dan menggerakan perekonomian Indonesia, khususnya di NTB,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya, Senin.

Produk kuliner yang hadir berjumlah 85 persen berasal dari wilayah NTB dan 15 persen dari wilayah lainnya, salah satunya adalah Jamu Ready to Drink (RTD) dari Mustika Ratu, yaitu minuman sehat segar dan berkhasiat dengan 3 varian rasa, Gula Asam, Kunir Asam dan Beras Kencur.

Baca juga: Menparekraf semangati tim Wonderful Indonesia meski tak naik podium

Baca juga: Wamenparekraf bangga kenakan busana jenama lokal di MotoGP Mandalika


Hal ini dilakukan karena Kemenkop-UKM ingin mengutamakan kuliner lokal dari NTB dan jamu sebagai produk khas Indonesia kepada para pengunjung MotoGP Mandalika.

“Saya sangat senang Jamu RTD Mustika Ratu bisa masuk sebagai salah satu produk khas Indonesia yang berdampingan bersama pelaku UMKM Kuliner di event MotoGP, Jamu RTD merupakan Jamu inovatif dengan Ultra High Technoogy (UHT) pertama di Indonesia," ujar Presiden Direktur MRAT, Bingar Egidius Situmorang.

Selain itu kegiatan promosi lain yang dilakukan adalah kolaborasi antara MRAT dan Garuda Indonesia yaitu dengan menghadirkan Jamu Ready to Drink (RTD) dalam penerbangannya.

Jamu Ready to Drink Mustika Ratu telah menjadi menu hidangan yang menemani penerbangan wisatawan dari Jakarta ke Mandalika bersama Garuda Indonesia untuk menyaksikan balap MotoGP pada 17 - 20 Maret 2022.

Direktur MRAT Kusuma Ida Anjani dalam keterangannya mengatakan bahwa kerjasama Mustika Ratu dan Garuda Indonesia diharapkan tidak hanya dapat menjembatani kebutuhan masyarakat untuk turut menyaksikan gelaran MotoGP saja, namun juga menjadi langkah berkesinambungan untuk memperkuat kolaborasi ekosistem pariwisata Indonesia.

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT Garuda Indonesia, Ade R Susardi mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya peningkatan layanan baik pada aspek safety, keamanan dan kenyamanan penerbangan khususnya dalam event MotoGP.

“ Sejalan dengan misi Garuda Indonesia untuk memperkenalkan keragaman budaya serta produk khas Indonesia, kehadiran Jamu Ready to Drink Mustika Ratu diharapkan dapat menghadirkan pengalaman penerbangan yang lebih berkesan bagi penumpang dan dapat semakin menggiatkan confident dan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi udara bersama Garuda Indonesia,” ujar Ade.

Baca juga: Merawat kulit dengan keajaiban zaitun

Baca juga: Kulit sehat dan cerah seketika dengan skincare dari bengkoang

Baca juga: Beli jamu sekarang bisa bayar dengan DANA



Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022