Jakarta (ANTARA) - Perusahaan ritel omnichannel kecantikan Sociolla berkolaborasi dengan Greeneration Foundation dalam inisiasi River Clean Up Project, sebagai salah satu bentuk komitmen besar untuk mendorong industri kecantikan yang sustainable.

Inisiasi ini merupakan program lanjutan dari kampanye Love Letter to the Earth pada Februari lalu, bertepatan dengan momen kasih sayang yang dilakukan Sociolla terhadap bumi.

Program pembersihan sungai ini dilaksanakan pada Sabtu, 19 Maret 2022 di 3 titik sepanjang alur sungai Cikapundung Bandung, Jawa Barat bersama 50 sukarelawan dengan tujuan mendorong perilaku para penggiat kecantikan mengurangi dan mengatasi sampah kecantikan serta menciptakan lingkungan sekitar yang bersih dan sehat.

”Komitmen terhadap sustainability ini akan terus kami perkuat melalui berbagai inisiatif yang akan kami luncurkan secara bertahap," ujar Co-Founder & CMO Social Bella Indonesia Chrisanti Indiana dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Susu kambing dan kopi untuk perawatan kulit ibu dan anak

Baca juga: Sociolla luncurkan Love Local, dukung jenama lokal di masa pandemi


Pada bulan Januari lalu, Sociolla memperkenalkan langkah besar untuk mengatasi sampah dari produk kecantikan melalui kebijakan zero bubble wrap pada Waste Down Beauty Up, diikuti dengan Waste Down Kindness Up: Sukin x Sociolla Recycle Station.

"Kali ini kami bekerjasama dengan Greeneration Foundation untuk memberikan aksi nyata dengan program River Clean Up Project. Kami harap melalui program-program yang kami lakukan dapat mendukung penggiat kecantikan untuk lebih berkontribusi dalam mengurangi sampah kecantikan dengan mudah dan nyaman serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Melalui langkah-langkah kebaikan untuk lingkungan, bersama-sama kita dapat menjadi agen perubahan bagi bumi,” tambah Chrisanti.

Hasil studi World Bank bertajuk "Plastic Waste Discharges from Rivers and Coastlines in Indonesia" menyatakan bahwa per tahunnya Indonesia menghasilkan 7.8 juta ton sampah plastik dan lebih dari setengahnya tidak dikelola dengan baik.

Diperkirakan juga terdapat 346,5 kton per tahun (kisaran perkiraan 201,1 - 552,3 kton / tahun) sampah plastik dibuang dari darat ke laut (melalui sungai) dan dua pertiganya berasal dari Jawa dan Sumatera. Akibatnya, tempat pembuangan sampah membludak, menyumbat sungai, banjir dan mengancam ekosistem laut.

Menyadari akan hal ini, Sociolla bersama Greeneration Foundation memilih sungai Cikapundung sebagai lokasi yang tepat sebab sungai ini merupakan salah satu sungai yang memiliki peranan penting bagi kehidupan warga kota Bandung seperti sumber air baku, sumber pembangkit energi listrik serta destinasi wisata, namun dipadati ribuan rumah penduduk dan dikirimi limbah sekitar 2,5 juta liter setiap harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan donasi uang serta tenaga sukarelawan untuk melakukan pembersihan sungai.

Tingginya antusiasme para pelanggan berpartisipasi pada Love Letter to the Earth berhasil menarik hampir 3,000 partisipan yang terlibat di social media dan menarik perhatian 50 sukarelawan dari berbagai institusi seperti Satgas Citarum Harum, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITB dan Komunitas Gober.
Perusahaan ritel omnichannel kecantikan Sociolla berkolaborasi dengan Greeneration Foundation dalam inisiasi River Clean Up Project. (ANTARA/ Ho Sociolla)


Kegiatan ini juga berhasil mengumpulkan sampah plastik sebanyak 637,47 kg. Sampah yang dikumpulkan akan dikelola oleh industri daur ulang Bening Saguling Foundation untuk dipilah dan didaur ulang menjadi materi yang lebih berguna.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan aksi nyata mengedepankan isu pengelolaan sampah dan kami rasa semakin ke sini masyarakat sudah semakin sadar akan pentingnya gerakan sustainability serta penerapan hidup yang berkelanjutan. Melalui kerjasama dengan pemerintah, organisasi, masyarakat luas, serta pelaku industri besar seperti Sociolla kami yakin dan percaya masalah sampah di Indonesia akan cepat dialokasikan dan terselesaikan dengan baik," ujar Direktur Eksekutif Greeneration Foundation Vanessa Letizia.

Vanessa berharap melalui donasi dan antusias para sukarelawan pada program River Clean Up Project ini dapat menjadi langkah kecil kita semua untuk menjaga dan melindungi "rumah kita" sendiri.

Sejalan dengan komitmen Sociolla dalam memberikan dampak yang besar terhadap budaya Sustainable Beauty, Sociolla juga mengajak para penggiat kecantikan untuk ikut berpartisipasi dalam mengurangi jumlah sampah di Indonesia terlebih sampah kecantikan serta mempermudah pelanggan melakukan implementasi 3R yaitu Recycle, Reduce, Repeat melalui Waste Down Kindness Up Sukin X Sociolla Recycle Station.

Recycle Station ini sudah hadir di seluruh offline store Sociolla di Indonesia dan terbuka untuk semua brand serta materi kemasan produk kecantikan. Melalui seluruh program dan inovasi kedepannya, Sociolla berharap bisa memberikan dampak yang besar terhadap budaya Sustainable Beauty, menyebarkan kebaikan bagi lingkungan serta mengajak lebih banyak lagi penggiat kecantikan untuk lebih teredukasi mengenai prinsip sustainability.

Baca juga: Chanel luncurkan produk skincare yang berkelanjutan

Baca juga: Lilla hadirkan fitur untuk permudah ibu penuhi kebutuhannya dan anak

Baca juga: Indonesia hadapi 185 ribu ton sampah setiap harinya

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022