Saya tidak mengira bisa begitu superior di stadion mereka
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengaku tidak menyangka timnya bisa tampil superior dengan mengalahkan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu dengan skor 4-0 pada pekan ke-29 Liga Spanyol, Minggu malam waktu setempat.

Dikutip dari Marca, Senin, Xavi mengatakan dirinya memperkirakan sebuah pertandingan yang lebih terbuka diantara kedua tim, namun dia juga senang dengan pencapaian kali ini.

"Kami telah bekerja keras untuk hasil ini. Tapi saya tidak mengira bisa begitu superior di stadion mereka. Kami memperkirakan pertandingan yang lebih terbuka. Saya sangat senang," ujar Xavi.

Meski mampu mengalahkan seteru abadi mereka dengan skor telak, Xavi meminta anak asuhnya untuk tetap bekerja keras dan tetap rendah hati.

Baca juga: Barcelona 'remukkan' Real Madrid 4-0 di kandangnya

Pelatih asal Spanyol itu lanjut mengatakan, mereka akan merayakan kemenangan hari ini dan selanjutnya akan beristirahat sebelum memikirkan untuk meraih tiga poin dari Sevilla pada pertandingan selanjutnya.

Dirinya menjelaskan, kemenangan atas Real Madrid ini tentu merupakan pukulan telak bagi skuad asuhan Carlo Ancelotti tersebut yang saat ini masih berada di posisi puncak klasemen Liga Spanyol, meski begitu Xavi menegaskan Barcelona akan tetap fokus untuk mengamankan tempat di zona Liga Champions.

"Saya tidak pikir itu akan memberikan kami cukup untuk memenangkan La Liga, ini sangat sulit. Tapi hari ini adalah tendangan hebat di gigi (untuk pemuncak klasemen di Liga)," terang Xavi.

Baca juga: Karim Benzema dipaksa menepi dari El Clasico

"Pertama (kami akan fokus untuk bertahan di) tempat Liga Champions dan lalu kami akan melihat. (Kemenangan) ini memperkuat proyeknya. Kami belum mencapai target kami sekarang. Kami harus terus melanjutkannya," sambungnya.

Berkat kemenangan ini, Barcelona saat ini masih kokoh di peringkat ketiga klasemen sementara Liga Spanyol dengan raihan 54 poin dari 28 pertandingan, berselisih 12 poin dari Real Madrid.

Baca juga: Xavi bilang El Clasico jadi panggung tepat buat Barca unjuk kebolehan

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022