Kalau ada kebun jeruk limau, maka ibu-ibu nantinya bisa panen dan bisa produktif membuat sambal
Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati Ganis mengajak warga Sunter Agung Jakarta Utara aktif berkebun dengan gerakan menanam bibit jeruk limau untuk penguatan ketahanan pangan masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan Fery Farhati saat mengunjungi Kebun Produktif Taman Hatinya PKK Melur 06, RW 06 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Pada kesempatan tersebut, Fery juga mengajak warga setempat mempelajari teknik berkebun melalui gerakan penanaman 30 bibit jeruk limau yang akan menjadi ikon bru di Jakarta Utara.

"Kalau ada kebun jeruk limau, maka ibu-ibu nantinya bisa panen dan bisa produktif membuat sambal," katanya.

Menurut Fery, dalam situasi pandemi, kaum ibu belajar hal-hal baru agar menjadi orang yang lebih maju. "Ini kita akan menanam tanaman yang menjadi khas Jakarta Utara, jeruk limau," kata Fery.

Istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan itu menilai, kelas berkebun yang sudah dilaksanakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun lalu, akan menuai manfaat peningkatan hasil panen di DKI Jakarta.

Dengan memanfaatkan lahan kosong dan masyarakat dapat menanam beragam jenis tanaman yang manfaatnya bisa dirasakan bersama.

"Mudah-mudahan program ini tidak berhenti begitu saja. Kami mengapresiasi siapa pun yang menjaga ketahanan pangan dengan menjaga merawat kebun dengan baik," kata Fery.

Sedangkan, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, menilai, penanaman jeruk limau dapat menambah motivasi masyarakat dalam aktivitas "urban farming" untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.

Bukan hanya dikonsumsi pribadi, hasil "urban farming" juga bisa menambah penghasilan pendapatan keluarga ataupun kelompok tani.

"Poin utamanya, niatkan untuk saling memberi untuk sekitar, dengan memberi kita mendapatkan kebahagiaan dari orang yang kita beri," tutupnya.

Selain di Kebun Produktif Taman Hatinya PKK Melur 06, RW 06 Kelurahan Sunter Agung, diketahui penanaman jeruk limau juga dilakukan di kebun RW 010 Kelurahan Sunter Jaya.

Kegiatan di kedua lokasi dirangkai dengan beragam aktivitas pemanenan, baik panen sayuran maupun ikan lele.

Baca juga: RPTRA di Jakbar ditanami tanaman obat dan budi daya ikan
Baca juga: DKI tanam serentak di 200 lokasi untuk dukung pertanian perkotaan
Baca juga: Wali Kota Jakut tunjukkan budi daya melon bisa di atap apartemen

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022