Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta segera melakukan pengecekan ke lapangan terkait informasi adanya pungutan liar di Pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Terima kasih informasinya, saya segera lakukan pengecekan ke lapangan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Pengecekan tersebut dilakukan terkait adanya informasi yang menyebutkan bahwa kenyamanan wisatawan tujuan Kepulauan Seribu yang membawa kendaraan terganggu oleh sejumlah orang tak bertanggung jawab di Pelabuhan Kali Adem.

Pungutan liar (pungli) itu berupa parkir dengan biaya cukup mahal. Terlebih untuk kendaraan roda empat yang menginap atau bermalam bisa dikenai hingga Rp100 ribu.

Salah satu wisatawan asal Jakarta Timur Rosyid (41) mengaku terkejut saat akan meninggalkan lokasi parkiran mobilnya di Pelabuhan Kali Adem. Dia diminta biaya parkir dengan jumlah tidak wajar itu.

"Saya dimintai Rp100 ribu untuk parkir, harga itu katanya karena kendaraan menginap. Menurut saya sangat mahal, terlebih tidak ada tiket yang dikeluarkan petugas sebagai bukti retribusi," keluhnya, Minggu (19/3).

Baca juga: Ombudsman pernah temukan dugaan pungli di Samsat Jaktim
Baca juga: Pemprov DKI imbau warga lapor jika ada pungli di Dinas Dukcapil


Tak hanya Rosyid, adanya pungli parkir yang mencekik tersebut juga dikeluhkan Santi (29), warga Ancol. Dia menilai biaya parkir yang tinggi itu sebagai pungli mengingat pengelola tidak melakukan pemungutan untuk parkir.

"Saya sempat minta karcis parkirnya sebagai tanda retribusi, tapi petugas yang mintainya bilang tidak mengeluarkan," ujarnya.

Ibu dua anak ini berdalih tak ingin berdebat dan menjadi perhatian orang,hingga memilih untuk membayarnya Rp100 ribu.

"Saya berharap aparat berwenang untuk melakukan penertiban, karena ini sudah bikin tidak nyaman wisatawan," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, pungli itu tak hanya menyasar wisatawan yang menitipkan kendaraannya di Pelabuhan Kali Adem, namun juga pengendara yang mengantarkan barang atau orang.

Pelabuhan Kali Adem merupakan salah satu lokasi pemberangkatan dan kedatangan wisatawan maupun masyarakat yang akan pergi ke maupun kembali dari sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022