Jakarta (ANTARA News) - Menpora Andi Mallarangeng tetap optimistis SEA Games ke-26 pada 11-22 November 2011 nanti akan sukses, meski masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan.

"Optimistis bisa. Kita ingin sukses prestasi juga sukses penyelenggaraan," katanya di Jakarta, Selasa, kepada wartawan saat ditanyakan mengenai persiapan SEA Games yang tinggal sebulan lagi.

Ia mengatakan, pihaknya terus menyelesaikan berbagai hal yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan SEA Games. Pelaksanaan nota kesepahaman dengan Inasoc dalam penyelenggaraan ini juga terus dilakukan.

Begitupula dengan pencairan dana APBN. Menurut Menpora, sudah tidak ada masalah dalam pencairan tersebut.

"Sekarang sudah mengalir terus, baik APBN 2011 maupun APBNP 2011. Terus kita melakukan Mou-Mou dan pencairan-pencairan. Yang khusus APBNP 2011 yang berhubungan langsung dengan pengadaan Inasoc, tim asistensi sedang lembur terus membahas usulan 17 item dari Inasoc." katanya.

Menpora juga mengatakan, pihaknya telah mengambil keputusan untuk melakukan pengadaan bagi item-item yang telah siap dan sudah dibahas.

"Jadi tidak perlu menunggu sampai 17 itu semua data pendukungnya siap, dibahas, baru kemudian ditetapkan. Misalnya item A sudah siap dan sudah dibahas layak untuk dilakukan pengadaan langsung oleh Inasoc, maka itu yang bisa langsung dilakukan," katanya.

Sementara itu, pada hari Selasa ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga menandatangani nota kesepahaman "block grant" dengan Inasoc sebesar Rp518 miliar. Dana tambahan untuk pelaksanaan SEA Games sebesar Rp518 miliar berasal dari APBNP dan segera cair.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SEA Games Joko Sulistyo, dana tersebut bisa cair dalam dua atau tiga hari ke depan setelah semua berkasnya lengkap.

Dana itu akan digunakan khusus untuk penyelenggaraan dan suport SEA Games yang di dalamnya termasuk lima hal yakni sekretariat, sport dan venues, media dan marketing, broadcast, dan bonus atlet. Khusus untuk bonus atlet disiapkan sebesar Rp150 miliar.

Sebelumnya pemerintah telah menyetujui anggaran sebesar Rp690 miliar dari APBNP untuk SEA Games.

Dari jumlah tersebut, untuk panitia daerah masing-masing sebanyak Rp79,5 miliar sudah dicairkan bagi panitia di Palembang dan sebesar Rp91,8 miliar bagi panitia di DKI Jakarta.

Joko mengingatkan bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kebenaran prosedur, penggunaan uang, dan pertanggung-jawabannya.
(T.M041/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011