kegiatan itu melibatkan lima orang tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Gorontalo dan beberapa pendukung
Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo merupakan salah satu jajaran Lantamal VIII Manado, kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi COVID-19 di Lapangan Taruna Kota Gorontalo, Senin.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya di Manado, Senin, mengatakan kegiatan itu melibatkan lima orang tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan Lanal Gorontalo dan beberapa pendukung.

"Serbuan Vaksinasi ini berhasil memberikan vaksin kepada 69 orang, terdiri dari 20 orang menerima dosis pertama, 43 orang dosis kedua dan enam orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Pfizer dan Moderna," kata Ariwijaya.

Baca juga: Lantamal VIII laksanakan vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan Tumumpa

Ia mengatakan kendatipun kasus terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia melambat dan cenderung menurun, tetapi tidak menyurutkan jajaran Lantamal VIII Manado, untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 di beberapa daerah yang menjadi wilayah kerjanya.

Meskipun secara umum angka kesembuhan pasien COVID-19 meningkat, akan tetapi masyarakat tidak boleh lengah.

“Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan laksanakan vaksinasi untuk memberikan 'herd immunity'," katanya.

Baca juga: "Serbuan Vaksinasi Maritim" digelar Lanal di lingkup Lantamal VIII

Selain itu Danlantamal VIII juga mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya sejalan dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yakni jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan COVID-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru di kalangan TNI AL.

Selain Lanal Gorontalo, vaksinasi juga dilakukan jajaran lainnya, seperti Rumah Sakit TNI AL dr. Wahyu Slamet Bitung yang berhasil memberikan vaksin kepada 31 orang, dimana 11 orang menerima dosis kedua dan 20 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Pfizer.

Kemudian Lanal Tahuna pada vaksinasi rutin bertempat di Balai Kesehatan Lanal, berhasil memberikan vaksin kepada 22 orang, satu orang menerima dosis pertama, 14 orang menerima dosis kedua dan tujuh orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Pfizer.

Baca juga: Satgas: 16,32 juta warga RI telah dapatkan vaksinasi COVID-19 penguat

Vaksinasi di dalam pangkalan juga dilaksanakan Lanal Tolitoli dan berhasil memberikan vaksin jenis Pfizer kepada 19 orang, satu orang menerima dosis pertama dan 18 orang lainnya menerima dosis ketiga.

Kemudian Dinas Kesehatan Lantamal VIII telah memberikan vaksin kepada 14 orang, diantaranya sepuluh orang menerima dosis kedua dan empat orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Moderna.

Serta Lanal Melonguane yang telah memberikan vaksin dosis kedua kepada tiga orang menggunakan vaksin Sinovac.

Baca juga: Rumah sakit di Sangihe Sulut kembali buka jam besuk



 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022