Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Timur Pradopo menjadi Inspektur Upacara pemakaman almarhum mantan Kapolri, Jenderal Pol (Purn) Kunarto di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Rabu.

Sebelum dimakamkan, jenazah disemayamkan di Auditorium STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian) dan dishalatkan di Masjid Darul Ilmi Jalan Tirtayasa Raya Nomor 6, Jakarta Selatan.

Kemudian dilakukan upacara pelepasan jenazah yang dipimpin oleh Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komjen Pol Pratiknyo.

Upacara pemakaman almarhum Kunarto dilaksanakan secara kedinasan dan militer.

Mengenai sosok almarhum Kunarto, Timur saat di STIK mengatakan bahwa almarhum adalah pribadi yang patut menjadi teladan serta memiliki komitmen dan pengabdian.

"Beliau adalah sosok yang perlu diteladani, kesederhanaannya, komitmen dan pengabdiannya," kata Kapolri.

Timur mengatakan mengenal pribadi almarhum Kunarto karena sering mendengar arahan dari almarhum, meskipun tidak menjadi anggotanya secara langsung.

Almarhum Kunarto adalah mantan Kapolri periode 1991-1993. Meninggal dunia di Rumah Sakit Internasional Surabaya, Rabu pada pukul 04.00 WIB.

Perjalanan karir almarhum diantaranya pernah menjadi ajudan mantan Presiden RI kedua, Soeharto, kemudian Wakapolda Metro Jaya dari tanggal 1 September 1986 hingga Desember 1987.

Selanjutnya menjabat Kapolda Sumatera Utara periode tahun 1987-1989. Almarhum Kunarto lahir di Yogyakarta 8 Juni 1940.

Almarhum meninggalkan seorang istri, dua orang putra dan enam cucu. Dan peraih bintang 12 penghargaan bintang tanda jasa, dimana salah satunya bintang Bhayangkara Utama.

(S035/R010)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011