Jakarta (ANTARA) - Pengguna dompet digital terkadang mengalami kesulitan untuk melakukan transfer dana dari satu aplikasi ke aplikasi lain, termasuk para pengguna DANA dan OVO.

Sebelum mengirimkan saldo DANA ke OVO, pastikan akun DANA Anda sudah dalam status premium. Apabila tidak, maka Anda harus memperbarui akun Anda dengan verifikasi e KTP melalui aplikasi DANA.

Kemudian, saldo minimum yang harus dikirim adalah Rp10.000. Namun, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp4.500. Agar dapat dibebaskan dari biaya pengelolaan, Anda harus mengirimkan pulsa minimal Rp 50.000. Demi menghindari kemungkinan gangguan transaksi, pastikan aplikasi Anda adalah versi yang terbaru.

Baca juga: Indonesia diprediksi jadi pemimpin e-wallet dan Paylater ASEAN 2025

Berikut ulasan cara mudah transfer dari DANA ke OVO, dikutip dari siaran pers pada Selasa:

● Buka aplikasi DANA.
● Pilih menu Lihat Semua.
● Lihat bagian sub menu Top Up lalu pilih Saldo Digital.
● Pilih OVO.
● Masukan nomor HP akun OVO yang hendak dituju
● Isi nominal transfer DANA ke OVO minimal Rp10.000. Tekan lanjutkan.
● Jangan lupa cek lagi apakah nomor OVO dan jumlah uang sudah benar? Jika benar, tekan Konfirmasi.
● Periksa sekali lagi, apakah total pembayaran sudah benar
● Maka akan muncul notifikasi dari aplikasi jika berhasil.

Terdapat biaya admin untuk transaksi pengiriman saldo DANA ke OVO, Anda juga akan kena potongan dari OVO Rp1000 . Dengan demikian, total saldo OVO yang masuk dari DANA akan otomatis terpotong Rp1000. Sehingga total biaya untuk transfer DANA ke OVO terbaru adalah Rp1.999.

Melakukan transfer dari DANA ke OVO juga bisa dilakukan lewat menu Kirim ke Rekening Bank. Pertama buka aplikasi DANA dan pilih menu Kirim. Pilih kirim ke Bank lalu tekan tambah rekening bank baru. Pada nama bank pilih CIMB Niaga kemudian nomor rekening, masukan kode transfer DANA Ke OVO via CIMB Niaga yaitu 8099 kemudian masukan no HP akun OVO. Contohnya jika no OVO adalah 08584005555 maka no rekening tujuan menjadi 809908584005555. tekan lanjut.

Sesaat kemudian akan muncul pesan “Ambil jalan pintas yuk!” pilih Coba Pakai Sekarang. Karena jika tidak maka tidak bisa transfer DANA ke OVO. Masukan nominal top up OVO di DANA minimal 10.000 rupiah lalu tap lanjutkan. Jangan lupa cek lagi apakah semua sudah benar. Konfirmasi transfer dengan cara tekan Bayar. Masukan PIN DANA.

Jika transfer berhasil maka nominal saldo DANA berpindah ke OVO akan sesuai dengan nominal yang Anda input.

Ada pula pilihan transfer dari DANA ke OVO melalui fitur Tarik Saldo di mana langkah pertama adalah buka aplikasi DANA di ponsel. Masuk ke menu Lihat Semua >> klik Tarik Saldo. Klik Transfer Bank. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer ke OVO, jangan sampai salah memasukkan nominal. Pada opsi nama bank, pilih Bank National Nobu atau CIMB Niaga. Masukkan kode bank dan nomor hp yang sudah terdaftar di OVO, untuk Bank National Nobu kodenya adalah 9. Sementara untuk CIMB Niaga kodenya adalah 8099.

Selanjutnya akan muncul halaman Konfirmasi Tarik Saldo, cek keseluruhan secara rinci supaya tidak ada kesalahan. Klik Tarik Saldo lalu masukkan PIN DANA. Tunggu sebentar sampai ada pemberitahuan jika proses telah berhasil.

Baca juga: Entrust: Orang Indonesia lebih suka gunakan dompet digital

Baca juga: Kini DANA bisa transaksi untuk layanan Netflix hingga BPJS

Baca juga: DANA ungkap sistem keamanan layanannya untuk jaga kepercayaan pengguna

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022