Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat menjaga ketat kawasan perdagangan Tanah Abang dengan mengerahkan ratusan petugas untuk mencegah potensi kerumunan menjelang Ramadhan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan, pihaknya mengerahkan setidaknya 500 personel untuk menjaga kawasan Pasar Tanah Abang, mulai dari area gedung pasar, trotoar, stasiun hingga Pasar Jati Baru.

"Kita terjunkan 500 petugas setiap hari di sana. Para petugas akan ditempatkan di tujuh titik kawasan Tanah Abang dan melakukan penyisiran secara 'mobile'," kata Bernard saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Bernard menjelaskan, penjagaan kawasan Pasar Tanah Abang juga akan diperkuat personel dari TNI dan Polri yang juga melakukan penyisiran.

Baca juga: Tanah Abang macet tanda ekonomi bergeliat
Baca juga: Pasar Tanah Abang cukup ramai meski sebagian kios tak beroperasi


Ia berharap pengawasan ini dapat meminimalkan pedagang musiman menjelang bulan suci Ramadhan, terutama pedagang yang menguasai trotoar pejalan kaki.

"Kami akan jaga trotoar, jangan sampai dikuasai. Petugas akan melakukan penghalauan sehingga pedagang tidak masuk ke bahu jalan dan mengokupansi trotoar," kata Bernard.

Satpol PP juga akan melakukan pengawasan di lokasi berpotensi kerumunan lainnya, seperti Jalan Thamrin, Monas, Lapangan Banteng dan Masjid Akbar Kemayoran.

Selain pengawasan pada kerumunan, Satpol PP Jakarta Pusat segera menggelar razia terhadap warung yang menjual minuman keras (miras), wanita pekerja seks dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

"Kami segera tertibkan warung yang menjual miras, WTS dan PMKS di seluruh wilayah Jakarta Pusat," kata dia.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022