Silakan saja pemain bergabung, namun saya minta bila pemain itu tidak digunakan segera dikembalikan ke Timnas U-23. Pasalnya kami tengah memanfaatkan waktu seefektif mungkin.
Bandung  (ANTARA News) - Pelatih Timnas PSSI U-23 Rahmad Darmawan mempertahankan empat pemainnya yang dipanggil pelatih Timnas PSSI senior hingga partai uji tanding melawan Persikab Kabupaten Bandung yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (1/9).

"Saya sudah dihubungi pelatih Timnas PSSI senior terkait pemanggilan pemain. Kita akan bagi tugas, empat pemain itu saya pertahankan untuk hingga uji tanding melawan Persikab, Sabtu nanti. Sabtu malam saya baru serahkan ke Tim PSSI Senior," kata Pelatih Timnas PSSI U-23 Rahmad Darmawan, di Bandung, Kamis.

Pelatih Timnas PSSI Senior, Wim Reijsbergen memanggil empat pilar Timnas U-23 yakni Irfan Bachdim, Youngki Ariwibowo, Ferdinand Sinaga serta Zulham. Kempatnya merupakan bagian dari skema persiapan Timnas menghadapi Qatar pada babak pra kualifikasi Piala Dunia.

Sementara itu Okto Maniani, tidak masuk pemain yang dipanggil Wim. Hal itu dibenarkan oleh Rahmad Darmawan yang menyebutkan Okto akan tetap berlatih dengan Timnas U-23 yang selepas beruji coba lawan Persikab akan berlaga tanding melawan Semen Padang, Selasa (4/9).

"Silakan saja pemain bergabung, namun saya minta bila pemain itu tidak digunakan segera dikembalikan ke Timnas U-23. Pasalnya kami tengah memanfaatkan waktu seefektif mungkin," katanya.

Hal itu ia sampaikan kepada pelatih Timnas PSSI senior yang mendapat respon dari pelatih asal Belanda itu.

"Saya ingin gunakan waktu tim ini sefektif mungkin, jadi bila ada pemain yang tidak dipakai segera gabung lagi untuk persiapan uji tanding yang akan digelar di luar negeri," kata mantan pelatih Persija dan Sriwijaya FC itu.

Terkait kemungkinan pincangnya kekuatan tim, setelah empat pemain depannya dipanggil Timnas Senior, pelatih terbaik Indonesia itu menyatakan berharap bisa mengatasinya.

Pasalnya dua penyerang Persipura yakni Titus Bonay dan Lucas Mandowen segera bergabung dengan tim. Sedangkan hingga hari keempat latihan timnas PSSI di Kota Kembang ini empat pemain belum bergabung, dua diantaranya posisi penyerang Bonay dan Mandowen.

"Minggu nanti mereka gabung, sehingga bisa memperkuat tim menghadapi uji coba lawan Semen Padang," kata Rahmad Darmawan.

Sementara itu persiapan menghadapi pertandingan uji coba melawan Persikab Kabupaten Bandung dilakukan dengan mematangkan kerjasama tim serta menjaga spirit bertanding.

Seperti pada latihan Kamis petang, Irfan Bachdim dkk melakukan pematangan teknik serta bermain game internal dengan memanfaatkan setengah luas lapangan.

Selain itu beberapa pemain, salah satunya Joko Sasongko dilatih khusus melakukan tembakan-tembakan bola mati dari jarak 20 meter menerobos benteng pertahanan pemain belakang.

Latihan ditutup dengan acara `unik` yakni berlomba mendapatkan sepatu mereka setelah dilemparkan jauh oleh pemain lainnya. Pemain yang gagal mendapatkan sepasang sepatunya dihukum push up 10 kali.

"Masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan performancenya, salah satunya kerjasama dan konsentrasi," kata Rahmad Darmawan menambahkan.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011