Jakarta (ANTARA) - Twitter kembali menghadirkan fitur terbaru untuk memaksimalkan pengalaman pengguna layanannya lewat peluncuran fitur GIF yang bisa direkam dan digunakan langsung lewat kamera bagi pengguna perangkat bersistem iOS atau perangkat dari Apple.

GIF merupakan Graphics Interchange Format (GIF), sudah lama digunakan di ruang virtual, sebuah grafis animasi sederhana yang kerap digunakan untuk keperluan desain website.

GIF memang menjadi salah satu konten andalan di Twitter termasuk untuk meramaikan sebuah utas dan memberikan reaksi kepada pengguna lainnya.

"Oke kami tahu GIF bukan barang baru, tapi yang baru adalah opsi untuk mengambil GIF sendiri menggunakan kamera kalian untuk pengguna iOS," ujar Twitter mengumumkan fitur terbaru mereka lewat akun @TwitterSupport, Rabu.

Baca juga: Twitter tes fitur cek fakta dengan sumber bersama bernama "Birdwatch"

Pengguna dengan sistem iOS bisa mencoba menggunakan fitur itu dengan membuat "tweet baru" lalu pilih ikon "Photo", setelah itu pilih ikon "Kamera", pastikan anda memilih opsi "mode GIF" setelahnya anda tinggal menekan tombol rekam untuk mendapatkan GIF yang anda inginkan.

Anda bisa mencoba membuat GIF yang mudah mungkin seperti membuat Boomerang di Instagram, atau anda bisa menyiapkan cerita untuk membuat GIF anda menarik. Setelah semua proses selesai GIF itu nantinya akan muncul di utas anda.

Sayangnya dilansir dari The Verge yang telah menguji coba fitur tersebut, hasil GIF yang anda dapatkan tidak dapat disimpan menjadi produk gambar ke ponsel atau pun tablet anda.

Jika anda mencoba untuk menyimpannya, Twitter hanya memberikan opsi "Copy GIF Adress" sehingga nampaknya anda tidak bisa menyimpan bentuk GIF itu untuk digunakan di aplikasi jejaring sosial yang lain.

Saat ini fitur itu dipastikan baru ada untuk pengguna iOS, belum ada kepastian apakah fitur itu akan hadir untuk para pengguna Android.

Baca juga: Twitter tes fitur "host" Spaces bisa bagikan cuplikan suara

Baca juga: Twitter kembangkan metode unggah video cepat untuk Android

Baca juga: Twitter batasi sebaran konten media Belarusia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022