Jakarta (ANTARA) - Pengunduran diri petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty dari tenis, Rabu,  disambut dengan terkejut serta harapan baik dari para pemain besar saat ini maupun mantan pemain hebat.

Juara Grand Slam tiga kali itu berbagi video di media sosial di mana dia mengatakan akan "menjauh dan mengejar mimpi lain".

Karolina Pliskova, yang dikalahkan Barty untuk menjuarai Wimbledon tahun lalu, memberi selamat kepada petenis Australia itu atas "karir yang luar biasa".

"Merupakan hak istimewa berbagi lapangan dengan Anda," cuit petenis Ceko mantan nomor satu dunia itu seperti dikutip AFP, Rabu. "Kamu akan dirindukan."

Juara Grand Slam tiga kali asal Inggris Raya dan mantan nomor satu dunia Andy Murray mengatakan di Twitter: "Senang untuk @ashbarty. Putus asa untuk tenis. Pemain yang luar biasa"

Simona Halep dari Rumania berbicara langsung kepada Barty: "Ash, apa yang bisa saya katakan, Kamu tahu saya menangis kan? Temanku, saya akan merindukanmu dalam tur. Kamu berbeda, dan istimewa, dan kita berbagi beberapa momen luar biasa."

Mantan petenis nomor satu dunia itu berspekulasi apa yang mungkin terjadi selanjutnya untuk Barty: "Juara Grand Slam dalam golf?!"

Mantan petenis nomor satu dunia asal Amerika Andy Roddick memberikan reaksi singkat, me-retweet pengumuman dengan sederhana "wow".

Asosiasi tenis profesional putri dunia (WTA) berterima kasih kepada Barty "atas tanda tak terhapuskan yang Anda tinggalkan di lapangan, di luar lapangan, dan di hati kami".

Ada juga penghormatan yang menunjukkan popularitas Barty di antara sesama pemain.

"Ash, saya tidak punya kata-kata ..." kata Petra Kvitova dari Republik Ceko.

"Sebenarnya Kamu menunjukkan kelasmu yang sebenarnya meninggalkan tenis dengan cara yang indah ini. Saya sangat senang bisa berbagi lapangan dengan Kamu.. tenis tidak akan pernah sama tanpa Kamu! Saya mengagumimu sebagai pemain dan pribadi.. mengharapkan hanya yang terbaik untukmu!"


Baca juga: Barty ungkap alasan gantung raket
Baca juga: Petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty pensiun dari tenis
Baca juga: Ashleigh Barty dan Danielle Collins mundur dari Indian Wells
Baca juga: Barty akhiri 44 tahun penantian tuan rumah Australian Open

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022