minat masyarakat untuk berwisata akan terus meningkat
Jakarta (ANTARA) - Perhelatan MotoGP di arena balap Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah pada 18-20 Maret 2022 berdampak positif terhadap pariwisata di Mandalika dan sekitarnya, kata Co-Founder & Chief Commercial Officer biro perjalanan daring (OTA) tiket.com Dimas Surya Yaputra.

"(Kamar) Hotel habis (dipesan) dua bulan sebelum event, banyak orang yang pergi pagi atau siang dan pulang malam, dampaknya sangat bagus di daerah sekitar Mandalika," kata Dimas dalam konferensi pers daring, Rabu.

Sepanjang periode penjualan tiket MotoGP Mandalika, tiket.com menjual lebih dari 27.000 tiket MotoGP. Kinerja penjualan tiket MotoGP pada khususnya berkontribusi terhadap 49 persen dari total keseluruhan performa vertikal Entertainment yang menaungi produk tiket To Do di platform tiket.com.

Baca juga: Camping vs hotel kawasan sirkuit MotoGP Mandalika, sensasi & budget

Baca juga: Promosi wisata Kepulauan Seribu hadir di ajang MotoGP Mandalika


Penjualan tiket MotoGP Mandalika secara langsung berdampak positif pada pertumbuhan bisnis akomodasi di tiket.com. Menjelang pagelaran MotoGP, jumlah pemesanan akomodasi di area Lombok dan Bali meningkat sebesar lebih dari 112 persen.

Angka ini berkontribusi signifikan terhadap pendapatan bisnis akomodasi di tiket.com yang tumbuh sebesar 57 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di Q1 2021.

Kemudian, dari sisi transportasi, penjualan tiket pesawat di Lombok dan Bali juga mengalami peningkatan dengan capaian lebih dari 350 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2021.

Pihaknya berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan keringanan terhadap calon pelancong lewat regulas terbaru, seperti pengurangan hari karantina dan dihapusnya syarat antigen untuk perjalanan bagi turis domestik yang telah vaksin lengkap hingga vaksin penguat.

"Tahun ini tahun yang bagus, pencapaian bagus. Demand sudah mulai ada," katanya.

Tren pariwisata yang masih digemari di tengah pandemi adalah staycation, imbuh dia, di mana masyarakat dapat berlibur tanpa jauh dari rumah di berbagai pilihan akomodasi dengan suasana privat bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.

"Dari sisi hiburan pun masyarakat mulai menggemari berbagai sajian hiburan virtual. Lini tiket To Do online kami laris diburu terutama untuk berbagai tayangan hiburan seperti Diary Misteri Sara dan konser JKT48.”

Tingginya minat terhadap tren-tren tersebut berdampak langsung pada kinerja bisnis di tiket.com. Sepanjang 2021, bisnis tiket.com tumbuh mencapai hingga sekitar 40 persen dibandingkan 2020.

Saat ini di penutup Q1 2022, dengan adanya pelonggaran regulasi perjalanan, ditambah dengan pagelaran MotoGP Mandalika yang menjadi magnet kuat bagi wisatawan lokal dan mancanegara, tiket.com mencetak pertumbuhan bisnis sebesar lebih dari 92 persen di Q1 2022 jika dibandingkan dengan periode Q1 2021 untuk keseluruhan lini bisnis.

Dimas menambahkan, “Kami terus menyiapkan berbagai promo agar masyarakat dapat menikmati liburan dan perjalanan dengan mudah dan murah."

Tiket.com meluncurkan program promo OTW (Online Tiket Week) yang berlangsung mulai 24 Maret hingga 1 April 2022.

"OTW menjadi langkah nyata tiket.com dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata di tengah pandemi. Kami optimis dengan kembalinya OTW di tahun ini, minat masyarakat untuk berwisata akan terus meningkat, dengan begitu roda industri pariwisata dapat terus berputar, sehingga para pekerja dan berbagai sektor pendukung di dalamnya ikut tumbuh.”

Baca juga: Transaksi tiket.com melonjak 200 persen sepanjang MotoGP Mandalika

Baca juga: Vila & apartemen banyak diburu pengguna tiket.com untuk "staycation"

Baca juga: Tiket.com catat bisnis tumbuh 40 persen pada tahun ini

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022