Bengkulu (ANTARA News) - Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) di beberapa kecamatan di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, tidak akan berjalan lancar karena terkendala listrik.

Camat Lubuk Sandi Badri Muhammad mengatakan pelayanan pembuatan KTP-e di daerahnya tidak dapat dilaksanakan pada Oktober nanti karena keterbatasan listrik.

"Saya pesimistis pada bulan Oktober pelayanan pembuatan KTP elektronik di Kecamatan Lubuk Sandi dapat dilaksanakan karena daya listrik yang ada di kantor kecamatan terbatas," ujarnya.

Akibatnya, perangkat peralatan untuk mencetak KTP tidak dapat dioperasikan sebab alat KTP-e banyak menyedot daya listrik.

"Kita sekarang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, pembuatan KTP-e di Kecamatan Lubuk Sandi tidak dapat dilaksanakan pada Oktober 2011 sesuai target yang ditetap Dukcapil setempat.

Seluma merupakan salah satu dari tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam program pelaksanaan pelayanan KTP-e pada 2011 sedangkan dua kabupaten lainnya, yakni Kota Bengkulu dan Rejang Lebong.

Hal senada diungkapkan Camat Air Periukan, Chairudin yang menyebutkan, pelaksanaan e-KTP di daerahnya pada Oktober belum dapat direalisasikan. Pasalnya, daya listrik yang terpasang di kantor camat setempat tidak cukup untuk pengoperasilkan alat pencetak KTP tersebut.
(ANT/212)  

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011