Jakarta (ANTARA) - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) bersama PT Citra Borneo Utama (CBU) dan PT Citra Borneo Indah (CBI) bekerja sama dengan Deloitte & Touche Financial Advisory Services Pte Ltd (DTFAS) untuk meninjau kinerja keberlanjutan dan ketertelusuran kepada pemasok minyak sawit mentah (CPO).

CEO SSMS Nasarudin Bin Nasir mengatakan, perusahaan memberlakukan penyelarasan kebijakan berkelanjutan tidak hanya kepada grup perusahaan, tetapi juga terhadap entitas rantai pemasok kelapa sawit, seperti kepada PT Sepalar Yasa Kartika (PT SYK) dan PT Sawit Mandiri Lestari (PT SML).

"Kami telah mendapatkan perjanjian dengan manajemen pemasok untuk meningkatkan standar operasional dan keberlanjutan sebagaimana yang dilakukan pada SSMS," ujar Nasarudin dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menurut Nasarudin, hal itu dilakukan guna memastikan pemasok tersebut telah sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan SSMS dan perusahaan hilirisasi afiliasinya PT CBU.

CEO CBU Ballakhrisnan Naidu mengatakan, perseroan mempunyai kebijakan ketat terhadap seluruh pemasok, guna merekam proses rantai pasokan sampai pada pengiriman ke konsumen (traceability process).

"Ini diterapkan guna memitigasi risiko dan memastikan jaminan keamanan produk kepada seluruh konsumen perseroan. Hal ini sesuai kriteria investasi yang diharapkan oleh mitra usaha CBU," ujar Ballakhrisnan.

DTFAS sendiri membantu perseroan dalam meninjau kinerja dan isu keberlanjutan PT SYK dan PT SML guna menyelaraskan dengan prinsip keberlanjutan yang disusun melalui peta jalan keberlanjutan SSMS yang telah disiapkan pada Agustus 2017 lalu.

"Ini bagian dari tujuan SSMS agar seluruh pemasok mematuhi kebijakan dan memenuhi kriteria keberlanjutan perusahaan," kata Nasarudin.

Nasarudin menambahkan, SSMS berkomitmen memperbarui secara berkala, dan selalu memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan tentang perkembangan peta jalan keberlanjutan perusahaan.

"Selain itu, SSMS telah berkomitmen untuk terlibat dengan pembeli global tier-1 dan pedagang minyak sawit dan turunannya," ujar Nasarudin.

Baca juga: Sawit Sumbermas targetkan produksi dan penjualan CPO tumbuh dua digit
Baca juga: SSMS akan tingkatkan digitalisasi perkebunan sawit terintegrasi
Baca juga: Sawit Sumbermas cetak laba Rp1,03 triliun pada kuartal III 2021

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022