"Ini merupakan inovasi baru untuk pendingin komoditas hortikultura yaitu ZECC (Zero Energy Cool Chamber),"
Makassar (ANTARA) - Delegasi mahasiswa pada program studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin meraih medali emas dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) 2022 yang diselenggarakan Indonesian Young Scientist Association kolaborasi BUCA IMSEF Turkey, 14 Maret 2022.

Delegasi Unhas yang sukses memberikan prestasi membanggakan beranggotakan lima orang masing-masing Matthew Khosuma, Muhammad Hanif Muflih, Annisa Batara, Indah Pratiwi Roslan dan Kartika Leatemia

Matthew di Makassar, Rabu menjelaskan timnya memaparkan penelitian terkait "Application of ZECC in Agricultural Center Areas in Maintaining the Quality of Post-Harvest Horticultural Commodities".

"Ini merupakan inovasi baru untuk pendingin komoditas hortikultura yaitu ZECC (Zero Energy Cool Chamber)," kata mahasiswa prodi Ilmu dan Teknologi Pangan angkatan 2019 ini.

Menurut dia, inovasi ini dapat memperpanjang umur simpan dengan biaya yang murah, tidak perlu menggunakan listrik serta ramah lingkungan.

Teknologi ini tidak menggunakan freon sebagaimana mesin pendingin lainnya seperti kulkas. Teknologi pendingin ZECC mudah didapatkan oleh petani untuk mendukung hasil panen yang berkualitas.

Matthew mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi dalam persiapan lomba ini adalah menyesuaikan jadwal. Ia dan timnya harus mengatur waktu agar tidak mengganggu jadwal perkuliahan yang cukup padat. Kondisi pandemi juga membuat ruang gerak dalam mengikuti kegiatan ini sedikit terbatas.

"Namun, semua bisa teratasi dengan baik melalui kerja sama tim," jelas Matthew.

Matthew dan tim berharap, penggunaan teknologi ZECC sebagai penyimpanan hasil pertanian dapat lebih dikenal dan dikembangkan pada masyarakat luas, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan maupun wilayah sentral pertanian lainnya di Indonesia.

YISF merupakan kompetisi tingkat internasional dan menjadi wadah bagi para peneliti muda dunia untuk menyalurkan ide kreatif dan inovatif dalam bentuk karya tulis. Dalam ajang ini, sebanyak 459 tim yang berasal dari 21 negara terlibat dalam kompetisi.
Baca juga: Mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas raih medali perunggu DiICE 2021
Baca juga: Tim mahasiswa Unhas raih medali emas ajang WICE
Baca juga: Enam program mahasiswa Unhas terima dana PHP2D 2021

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022