Batam (ANATARA News) - Sebanyak 197 peserta ekspedisi lintas nusantara remaja dan pemuda bahari dalam rangka Sail Wakatobi-Belitong (SWB) 2011 yang menggunakan KRI Makassar singgah di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam Provinsi kepulauan Riau, Jumat.

Komandan Satgas Kolonel M. Faisal di Batam, mengatakan, kegiatan lintas nusantara remaja dan pemuda bahari ini adalah kegiatan utama dalam SWB 2011, sebelumnya KRI telah di bertolak dari Jakarta ke Natuna dan selanjutnya Wakatobi - Bangka Belitong pada 3 Oktober.

"Selama pelaksanaan Lintas Nusantara ini peserta diberi pembekalan mengenai kedisiplinan, wawasan kebangsaan, bela negara, serta kewirausahaan," kata dia.

Menurut Faisal, peserta Lintas Nusantara Sail Wakatobi ini merupakan putra terbaik dari seluruh wilayah di Indonesia yang terpilih.

KRI Makassar, kata dia, akan sandar selama tiga hari di Batam sampai dengan tiga Oktober nanti.

"Setelah dari Batam, kapal yang membawa rombongan akan bergerak ke Belitung Provinsi Bangka Belitung dimana digelar acara puncak pada lima Oktober Rombongan akan disambut Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono," kata dia.

Wakil Wali Kota Batam Rudi, berharap kegiatan ini bisa sebagai ajang untuk mempererat persatuan dan kesatuan pemuda seluruh Indonesia.

"Pemudalah yang nanti akan memegang tumpuk kepemimpinan bangsa di masa datang, maka persatuan antar pemuda harus dipererat," ucap Rudi.

Selama di Batam, kata Rudi, peserta Lintas Nusantara akan berkunjung ke Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan Batam, Polda Kepulauan Riau, Wisata ke Camp Vietnam Galang dan berkeliling ke berbagai tempat wisata lain di Batam.

"Perwakilan rombongan juga akan mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Engku Puteri yang di peringati pada 1 Oktober," tambah dia.

Sail Wakatobi-Belitong 2011 diresmikan 7 Juni 2011 oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono yang juga sebagai ketua panitia pengarah.

Saat itu ia didampingi oleh Ketua Panitia Nasional Sail Wakatobi-Belitong yang juga sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di Gedung Minabahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.
(ANT-292/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011