Jakarta (ANTARA) - Semakin pesatnya perkembangan digital global, berbagai pekerjaan baru yang berhubungan ruang virtual pun ikut terbuka.

Salah satunya adalah pekerjaan menjadi atlet esport yang pada dasarnya berawal dari kegiatan bermain gim di perangkat ponsel pintar, tablet, laptop, maupun personal computer (PC).
Indonesia pun terbuka akan hal ini, dan bahkan kini tercatat Indonesia menjadi negara pertama sebagai pasar industri gim terbesar di Asia Tenggara.

Adapun pada 2021, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengungkap pendapatan industri gim di Tanah Air mencapai 2,08 miliar dolar AS atau setara Rp 30 triliun.

Tidak perlu heran angka tersebut berasal dari mana, karena ternyata gamers di Indonesia mencapai puluhan juta tepatnya sebanyak 52 juta.

Setiap harinya, mayoritas gamers itu bisa menghabiskan 4 hingga 7 jam perminggu dengan persentase 17,4 persen, disusul gamers yang berjumlah 15,4 persen dengan durasi bermain 7 hingga 12 jam perminggu.

Baca juga: Corsair luncurkan keyboard hingga mouse gaming terbaru

Baca juga: Logitech keluarkan keyboard dan speaker gaming


Dengan durasi yang panjang saat bermain gim tentunya alat- alat memadai dan menunjang kegiatan gaming menjadi penting.

Termasuk juga keyboard untuk para gamers yang menggunakan PC. Ketika salah meminang keyboard, tentu permainan yang sedang dilakukan bisa terganggu.

Untuk itu berikut ada 10 keyboard gaming yang bisa dilirik oleh anda para gamers sehingga kegiatan bermain gim bisa jadi optimal dan menyenangkan.

NYK Nemesis MKN-01 Ezalor
 
NYK Nemesis MKN-01 Ezalor (ANTARA/HO)


Bagi anda yang memiliki anggaran anak kuliah atau anak kosan, keyboard NYK Nemesis MKN-01 Ezalor dapat dilirik karena selain murah produk ini memiliki 1001 kemampuan mumpuni.

Dibandrol seharga Rp340.000, para gamers bisa mendapatkan fitur mentereng seperti “Removable switch” yang praktis hingga “Full keys anti-ghosting” untuk meminimalisir kesalahan saat mengetik.

Razer BlackWidow Chroma

Jenama Razer kerap digunakan para gamers untuk menunjang kegiatan bermain gimnya. Meski banyak digunakan oleh gamers profesional, Razer tergolong dalam produk yang terjangkau.

Salah satu produk keyboard teranyarnya adalah Razer BlackWidow Chroma. Keyboard mekanikal ini menjadi rekomendasi untuk para gamers lantaran keakuratan dan tingkat responsif baik yang dimilikinya.

Sebagai gaming mechanical keyboard, Razer telah melengkapi keyboard ini dengan efek warna pada tombol yang bisa diatur oleh penggunanya. Keyboard ini menawarkan 16 juta warna yang bisa para gamers ganti sesuka hati.

DAREU EK871GTR Trinity
​​​​​​​
DAREU EK871GTR Trinity (ANTARA/HO)


Rekomendasi ketiga adalah produk dari DAREU yang pada Februari 2022 merilis keyboard mechanical terbarunya yakni EK871GTR Trinity.

Keyboard ini memiliki build up yang kuat dan sejumlah fitur mumpuni yang bisa gamers manfaatkan saat bermain gim, di antaranya bisa "Triple Mode" (Bluetooth, Wireless Receiver dan Kabel).

Sesuai namanya, EK871GTR Trinity memiliki tampilan71 persen yang bisa membuat meja gaming para gamers menjadi lebih luas serta mudah dibawa kemana-mana.

Dareu EK871 menggunakan switch D-Switch yang bisa tahan sampai 50 juta klik dan tersedia 2 varian Switch, yakni Red serta Brown yang bisa digunakan untuk Hotswap Universal 3/5 Pin.

Sades Kunai
​​​​​​​
​​​​​​​
Sades Kunai (ANTARA/HO)


Hadir untuk memenuhi permintaan pengguna setianya, Sades menghadirkan Keyboard Mechanical yang diberi nama Kunai SK868.

Dengan tampilan yang menarik hati, fitur yang dihadirkan pada Kunai SK868 juga membuat para gamers tertarik untuk memboyongnya ke rumah.

Keyboard mini berukuran 65 persen yang menampilkan 68 keys ini memiliki 3 in 1 connection, yakni 2.4 GHz Wireless dengan dongle, bluetooth, dan wired tipe C. Tombolnya pun bisa diganti sesuai selera dan kebutuhan pengguna.

Steelseries Apex M500

Gaming Keyboard Steelseries Apex M500 ini menjadi salah satu keyboard gaming menarik bagi para gamers karena telah menggunakan switch Cherry MX dibalik setiap tuts-nya.

Steelseries Apex M500 dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti full anti-ghosting yang berfungsi saat gamers memainkan gim yang membutuhkan banyak kombinasi tombol ditekan secara bersamaan.

Sebagai keyboard dengan fitur dan kualitas premium, tak heran jika kebanyakan para gamers menggunakan ini saat turnamen e-Sports.

DAREU EK861GTR TRINITY

Rilis dengan waktu yang berdekatan dengan EK871GTR, Dareu juga turut menghadirkan EK861GTR dengan fitur yang sama.

Hanya saja EK861GTR memiliki desain “lebih” minimalis karena memiliki tampilan 61 persen. Dengan tampilan yang seperti ini, sudah jelas makin memberikan ruang yang lebih luas untuk meja gaming para gamers.

Kapasitas baterainya pun mumpuni sebesar 1900mAh yang bisa bertahan hingga 20 hari.

Baca juga: Corsair hadirkan keyboard baru berbahan sama dengan pesawat

Sades Tenka

Sades menghadirkan keyboard mechanical alternatif selain Kunai SK868, yaitu Sades Tenka. Keyboard ini memiliki switch Outemu Box yang tahan debu dengan dua opsi switch yakni Red (Linear) dan Brown (Tactile).

Tak hanya itu, Sades Tenka juga memiliki ragam fitur unggulan seperti Full Anti - Ghosting Keys, Wired Connection, 14 Mode RGB Backlight, 7 Multimedia Keys, dan Hot-Swappable (3/5 Pin with LED SMD Compatible).

Corsair Vengeance K70 RGB

Menggunakan Cherry MX Red yang dianggap sebagai saklar keyboard mekanik terbaik untuk aktivitas gaming, Corsair Vengeance K70 RGB merupakan keyboard mechanical yang menerapkan driver dengan banyak fungsi dan kokoh karena berbahan aluminium sehingga tahan akan benturan.

Selain itu, keyboard ini turut dilengkapi cahaya untuk menerangi tombol, jadi para gamers tak akan kesulitan dalam mengenali setiap tombol dengan fungsi berbeda.

Penggunaan saklar mekanik pada keyboard ini memungkinkan penggunanya menekan tombol sebanyak mungkin dalam waktu bersamaan dengan respon yang cepat.

Keyboard ini sangat cocok untuk bermain game action yang memerlukan banyak fungsi tombol secara bersamaan.

DAREU A87 Hotswap
 
DAREU A87 Hotswap (ANTARA/HO)


Setelah sukses membuat gamers jatuh hati dengan A87 generasi sebelumnya, kali ini Dareu menghadirkan versi lain dengan menghadirkan A87 Hotswap.

Sesuai namanya, dengan adanya fitur "Hotswap" para gamers bisa mengonta-ganti dari switch hingga keycaps.

Dareu A87 Hotswap Mechanical Keyboard dengan build quality yang kokoh dengan dimensi keyboard Tenkeyless (TKL).

Keyboard ini juga memiliki keunggulan "Detachable Top Cover" yang dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah.

Sades Khanda
​​​​​​​
​​​​​​​
Sades Khanda (ANTARA/HO)



Rekomendasi terakhir adalah Sades Khanda yang sebenarnya tidak hanya berguna untuk gamers tapi juga kegiatan produktif.

Dengan harga ramah di kantong Rp300.000, Sades tetap menjaga kualitas dengan menghadirkan fitur mentereng seperti Tenkeyless 87 Keys(Anti Ghosting), Hot-Swappable (3 Pin/Outemu Slot), ABS Double Injection Keycaps - OEM Profile, Full Anti-Ghosting Keys, Wired Connection, dan RGB Backlight.

Terakhir, dengan harga Rp300.000-an para gamers dimanjakan dengan switch outemu blue di Sades Khanda.

Tentunya dari kesepuluh keyboard gaming itu anda bisa memilih satu yang mana tepat dengan keinginan hati dan kemampuan di kantong agar nantinya kegiatan bermain gim bisa lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Cara main game PS5 di konsol PS4

Baca juga: Netflix rilis "teaser" anime adaptasi game "Tekken"

Baca juga: Ulasan tujuh pembaruan PUBG Mobile versi 1.9 yang meluncur hari ini

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022