Jakarta (ANTARA) - PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) meluncurkan lini terbaru dari truk Quester yakni Quester Euro5, hadir dengan keunggulan teknologi pengendalian emisi untuk mendukung program pemerintah menuju Indonesia hijau.

Pemerintah diketahui telah mengeluarkan peraturan emisi gas buang Euro4 yang akan diimplementasikan pada April mendatang.

"UD trucks bertekad untuk menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi yang ramah lingkungan untuk mendukung kelestarian bumi, dan yang penting adalah bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI Aloysius Chrisnoadhi dalam acara peluncuran virtual, Kamis.

Quester Euro5 memiliki teknologi pengendalian emisi bernama Selective Catalytic Reduction (SCR) yang diklaim mampu melindungi mesin tetap bersih dan awet, lebih hemat bahan bakar, serta tidak sensitif terhadap kualitas bahan bakar solar yang kurang baik.

Baca juga: Jelang Euro 4, UD Truck hadirkan program UD Pro-Care

Sales Development Head UD AMI Handi Lim menjelaskan bahwa sistem SCR bekerja mengurangi emisi gas buang dengan proses yang terjadi di luar ruang bakar mesin sehingga mesin tetap aman.

Gas buang dari mesin kendaraan dilewatkan melalui ruangan yang disebut SCR Chamber yang dilengkapi dengan katalis, lalu disemprotkan dengan larutan urea atau adblue.

"Akibatnya gas buang yang mengandung gas polusi nitrogen oksida atau NOx akan terurai menjadi air dan gas nitrogen yang aman bagi lingkungan dikeluarkan ke udara," kata Handi.

Harga adblue berkisar Rp10 ribu per liter, di mana per liter bisa digunakan untuk jarak sejauh 75 km. Adapun truk Quester Euro5 dilengkapi tangki adblue berkapasitas 50 liter yang bisa digunakan untuk menempuh jarak 3.750 km.

"Adblue bisa didapatkan pada jaringan UD truck dan tersedia pada jaringan retail lainnya. Pada pembelian UD truck Quester diberikan gratis adblue 800 liter yang bisa digunakan menempuh jarak 600 ribu km dan gratis free services 120 ribu km dan gratis sistem monitoring real time yaitu UD Trucks telematics selama satu tahun," kata Handi.

Quester Euro5 yang sebelumnya sudah diluncurkan secara global pada September tahun lalu, merupakan produk terbaru UD Trucks yang telah disempurnakan untuk mencapai efisiensi logistik.

Produk Quester Euro 5 ini tersedia dengan kapasitas tenaga mesin yang lebih besar dan efisien sampai dengan 410 hp dengan torsi maksimum 1990 Nm serta dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru.

Antara lain fitur panel instrumen terbaru yang memudahkan pengemudi untuk membaca informasi dan data, fitur sistem panduan penting untuk pengemudi, roda kemudi dengan desain baru yang ditingkatkan untuk memungkinkan pengendaraan yang lebih mudah dan lebih stabil, chrome grill yang memperkuat tampilan hexagon Quester, serta tersedia warna kabin terbaru Luxury Blue Metallic.

"Dengan peluncuran Quester Euro 5 hari ini kami membuktikan bahwa kami mendukung teknologi hijau bagi masyarakat Indonesia dan Industri transportasi," ucap Presiden Direktur UD AMI Odawara Toshihiko.

Baca juga: UD Trucks pastikan ikuti standar Euro4 pada April 2022

Baca juga: UD Trucks sambut regulasi emisi Euro 4 dengan teknologi SCR

Baca juga: UD Trucks akan bawa kendaraan yagn lebih ramah lingkungan tahun depan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022