Yang penting punya KTP elektronik saja. Tapi kami tahu ini jumlahnya pasti banyak
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan Bank Wakaf Mikro (BWM) memberikan pembiayaan kepada UMKM yang membutuhkan tanpa persyaratan rumit.

"Yang penting punya KTP elektronik saja. Tapi kami tahu ini jumlahnya pasti banyak," kata Wimboh Santoso dalam acara Peresmian BMW Pesantren Modern Pondok Karya Pembangunan di Jakarta, Kamis.

Maka dari itu BWM menjadi salah satu jawaban pembiayaan UMKM yang cepat lantaran lembaga keuangan formal lainnya cenderung memiliki berbagai macam persyaratan formal yang harus diikuti.

Kementerian Koperasi dan UMKM melaporkan pada 2021 terdapat 64,19 juta pelaku UMKM dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 61,97 persen dan berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja yang besar yaitu 96,92 persen.

Selain itu kontribusi UMKM terhadap ekspor yang sebesar 15,65 persen juga memberikan ruang yang masih dapat terus ditingkatkan.

Dengan peran yang besar sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia itu, Wimboh menilai UMKM merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang sangat potensial.

Baca juga: Wapres: Bank wakaf untuk ponpes sebagai penggerak ekonomi syariah

Meski begitu pemerintah, lanjut dia, memiliki keterbatasan untuk menggunakan anggaran untuk mendukung seluruh kegiatan UMKM, sehingga OJK mendirikan platform intermediasi masyarakat kecil dan berbasis syariah, yakni BWM.

"Memang ada berbagai program yang telah dilakukan pemerintah, tetapi masih belum cukup untuk bisa mengangkat seluruh masyarakat yang butuh bimbingan dan uluran tangan ini, terutama melalui akses keuangan," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan inisiatif pendirian BWM berasal dari banyaknya pihak yang ingin mendonasikan uang untuk program pengembangan UMKM yang membutuhkan uluran tangan.

Dengan demikian Bank Wakaf Mikro berperan mentransmisikan uluran tangan donatur kepada masyarakat yang memiliki usaha produktif.

Oleh karenanya ia berharap keberhasilan Bank Wakaf Mikro ini dapat mendorong minat para donatur maupun calon donatur agar dapat menyediakan donasi pendirian Bank Wakaf Mikro baru untuk keberlanjutan pengembangan dan pembinaan UMKM dan masyarakat. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang berada di sekitar pesantren.
Baca juga: Wapres: Bank Wakaf Mikro fasilitasi masyarakat kecil berwirausaha

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022