Jakarta (ANTARA) - Dikenal sebagai orang yang menerapkan gaya hidup sehat, pesohor Andrew White rupanya tidak anti terhadap camilan. Dia juga menikmati snack, tapi tidak sembarang camilan yang boleh masuk ke dalam tubuhnya.

"Penting memilih yang tidak mengandung MSG," kata Andrew dalam peluncuran Snack Sehat dengan Pisang Cavendish Chips, Kamis.

Suami Nana Mirdad ini memang memperhatikan soal nutrisi untuk dirinya dan keluarga, termasuk soal camilan. Asupan nutrisi yang baik saat sarapan, makan siang dan makan malam juga berlaku untuk pilihan camilan.

Baca juga: Nana Mirdad: Orangtua bahagia, anak bahagia

Dia juga mengusahakan agar keluarga mengonsumsi camilan bergizi yang bebas dari bahan pengawet.

Ada jam-jam khusus Andrew bisa menikmati camilan, yakni di antara makan siang dan makan malam.

Ahli gizi Seala Septiani menuturkan, kudapan kian digemari di era pandemi di mana orang-orang lebih suka menyiapkan makanan sendiri untuk memastikan kebersihan dan asupan gizinya.

Di satu sisi, produsen telah menyediakan aneka ragam kudapan yang punya rasa, tekstur hingga nilai gizi yang bervariasi. Sebagai konsumen, penting untuk memilih kudapan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Selain mengenyangkan, Seala mengajak orang-orang untuk bijak memilih camilan yang rendah gula, garam serta lemak jenuh.

Baca juga: Nana Mirdad ingin punya rumah di Selandia Baru

"Boleh ngemil tapi wajib pilih yang tepat dan sehat, baik untuk kesehatan," kata Seala.

Ia menegaskan, camilan sebaiknya disantap di sela jam makan, misalnya antara sarapan dan makan siang atau antara makan siang dan makan malam. Maka, camilan bukanlah pengganti sarapan.

Dengan memilih camilan bergizi, mengudap tak hanya mengenyangkan perut agar tak kalap pada jam makan berikutnya, tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi secara optimal.

Ia mengajak orang-orang untuk seksama melihat label gizi di kemasan camilan untuk memastikan nilai nutrisi.

"Agar bisa mengenyangkan sampai waktu makan berikutnya, maka perlu serat, baik juga camilan yang berbahan dasar buah asli serta punya zat gizi makro dan mikro," jelas dia.

Baca juga: Survei Mondelez sebut responden ngemil untuk perbaiki kesehatan mental

Baca juga: Kiat agar ngemil jadi self reward yang sehat untuk kondisi mental

Baca juga: Tiga resep camilan untuk akhir pekan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022