Alhamdulillah, ada peningkatan berat badan
Jakarta (ANTARA) - Warga rukun warga (RW) 11 Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, merasakan manfaat keberadaan Pos Gizi bagi perkembangan anak dan bayi di bawah lima tahun (balita).

Lurah Pondok Kopi, Siska Leonita di Jakarta, Kamis, mengatakan, keberadaan Pos Gizi di RW 11 Kelurahan Pondok Kopi itu berlangsung selama 10 hari.

Siska mengatakan sebanyak 12 balita di RW 11 mengalami peningkatan berat badan. 

"Alhamdulillah, ada peningkatan berat badan. Ini bukti keseriusan Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam menekan gizi kurang bagi anak balita," kata Siska.

Baca juga: Pemkot Jaktim beri bantuan bagi balita gizi kurang di Kramat Jati

Siska mengatakan Pos Gizi RW 11 Kelurahan Pondok Kopi itu juga memberikan pelatihan bagi para orang tua dalam menyiapkan makanan sehat untuk balitanya.

Para orang tua diberikan pengetahuan mulai dari pemilihan bahan makanan mentah, pengolahan makanan, memasaknya, menyiapkan makanannya, mengatur pola makannya sampai menyusun menu makanannya. 

Tak hanya itu, para orang tua juga diajak untuk ikut memantau perkembangan balitanya agar terus mengalami peningkatan berat badan, sehingga walaupun pembinaan pos gizi telah selesai, tetapi kebiasaan makanan terbaik untuk balitanya tetap bisa dipertahankan. 

“Pengawas Tim Pos Gizi RW 11 selama tiga bulan ke depan akan melakukan pengawasan. Ini bagian dari edukasi Isi Piringku dalam menekan kurang gizi dan kekerdilan karena kurang gizi (stunting),” ujar Siska.

Baca juga: Jakarta Timur berkomitmen tanggulangi anak kurang gizi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022