Ajari anak jadi digital citizen (warga negara digital) yang baik
Jakarta (ANTARA) - Psikolog Saskhya Aulia Prima dari Universitas Indonesia mengatakan orang tua harus terus mengikuti perkembangan zaman demi mempersiapkan masa depan anak.

"Penting bagi orang tua untuk mengikuti perkembangan zaman dan memahami peran kita dalam mendukung anak mengembangkan soft skill dan membangun karakter mereka," kata Saskhya dalam webinar, Kamis.

Bukan cuma anak yang diajak mempelajari berbagai keterampilan demi masa depan, orang tua pun mesti terus belajar dari berbagai sumber untuk bisa membesarkan anak dengan baik di tengah kehidupan yang dinamis.

Baca juga: Orang tua bisa cegah stunting dengan pantau tumbuh kembang anak

Penting juga untuk berdiskusi bersama pasangan agar orang tua dapat kompak dalam membesarkan anak. Diskusikan soal cara mendidik anak, sekolah apa yang akan dipilih dan kegiatan apa yang akan diperkenalkan kepada buah hati.

Dulu, dunia maya dan dunia nyata dianggap berbeda. Tapi saat ini dunia digital sudah menjadi bagian dalam keseharian. Maka, gabungkan semua alat untuk mengembangkan kemampuan anak, seperti memadukan buku dan gawai.

"Ajari anak jadi digital citizen (warga negara digital) yang baik," kata dia.

Perilaku yang baik kini tak hanya penting di dunia nyata, tetapi juga di dunia digital. Rekam jejak di dunia maya dapat mempengaruhi kehidupan di dunia nyata, maka orang tua sepatutnya memandu anak sejak kecil untuk bisa memanfaatkan teknologi secara baik dan benar.

Baca juga: Arti penting mainan untuk tumbuh kembang anak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022