Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi 20 pelaku UKM sektor kopi untuk mengikuti pameran Jakarta Coffee Championship yang diselenggarakan pada tanggal 23 – 27 Maret 2022 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Ke-20 pelaku UKM tersebut berasal dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sumatera Barat.

“Ajang ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam memperluas akses pasar produk kopi, coklat, dan minuman herbal lainnya. Serta meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke luar negeri pada tahun 2022,” ucap Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Anter Lembaga Luhur Pradjarto di Jakarta, Kamis, sebagaimana dalam keterangan resmi.

Adanya perlombaan barista dalam pameran tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi barista di Indonesia.

“Saya berharap melalui pameran ini, dapat lahir juara-juara baru barista Indonesia yang mampu meramaikan industri kopi di tanah air dan juga mampu berprestasi di kancah internasional,” ujar Luhur.

Kata dia, kopi merupakan salah satu produk dan komoditas paling dicari di seluruh dunia karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kemenkop disebut akan terus mendukung pelaku sektor kopi Indonesia dengan meningkatkan pemasaran produk.

Menurut Luhur, pameran itu dianggap strategis bagi segmen pasar kopi Indonesia dan diharapkan dapat menjadi media promosi, menumbuhkan jaringan distribusi, kesempatan waralaba merek untuk calon investor, serta diversifikasi di pasar.

“Seiring dengan upaya pemerintah dalam pengembangan UKM dan koperasi Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen dalam pemberdayaan UKM dan koperasi melalui berbagai program penguatan sektor, baik dari hulu ke hilir,” katanya.

Upaya transformasi UMKM masa depan dinilai membutuhkan pendekatan berbasis ekosistem holistik, inisiatif, serta sinergi dari seluruh para pemangku kepentingan.

Baca juga: Kemenkop UKM-Grab bersinergi menduniakan UMKM NTB lewat MotoGP

Baca juga: Kemenkop tutup 95 cabang tak berizin KSP Mitra Dhuafa


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022