Setiap hari kebutuhan darah di DKI Jakarta sebanyak 1.300 kantong
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara selama ini memasok 100 sampai 200 kantong darah per hari dari pendonor untuk memenuhi kebutuhan DKI Jakarta yang tercatat sebanyak 1.300 kantong per hari.

Ketua PMI Jakarta Utara Rizal  mengingatkan pentingnya ketersediaan darah terutama bagi warga yang sedang mengalami permasalahan kesehatan atau tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Setiap hari kebutuhan darah di DKI Jakarta sebanyak 1.300 kantong dan Jakarta Utara bisa menyuplai sekitar 100 sampai 200 kantong darah," kata Rizal yang juga dikenal dengan Rizal 'Kobar' (Komando Barisan Rakyat) di Jakarta Utara, Kamis.

Rizal yang kini memimpin PMI Kota Jakarta Utara untuk lima tahun mendatang itu pun berkolaborasi dengan Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, dan Komandan Kodim 0502/JU Letkol Inf Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang menyelenggarakan kegiatan donor darah di Aula Polres Metro Jakarta Utara, Kamis.

Seratus peserta ditargetkan akan mengikuti kegiatan donor darah yang berlangsung sebagai aksi bersama untuk kemanusiaan tersebut.

"Untuk kegiatan donor darah hari ini ditargetkan bisa melebihi dari seratus kantong darah. Ini luar biasa dan harus terus digalakkan untuk sosial kemanusiaan. Saya harap kerjasama dengan dukungan dari tiga pilar dan masyarakat dapat berjalan lancar," ujar Rizal.

Sementara itu salah seorang pendonor darah asal Koja, Jakarta Utara, Risa mengikuti aksi tersebut karena prihatin akan banyaknya warga yang sedang membutuhkan bantuan darah.

"Sudah lima kali saya ikut donor darah dan ini untuk membantu warga yang sedang membutuhkan bantuan darah. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini pasti di rumah sakit banyak yang membutuhkan darah untuk penanganan kesehatan," ujar Rizal.
Baca juga: PMI Jakarta Timur bagikan bantuan untuk korban angin kencang
Baca juga: Pemprov DKI dan PMI selenggarakan donor darah
Baca juga: PMI Jakbar kumpulkan sekitar 2.400 kantong darah per bulan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022