Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono memimpin upacara peringatan hari habitat dunia 2011 yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Hari Habitat Dunia 2011 ini bertema "Kota dan Perubahan Iklim".

Wapres Boediono dalam sambutanya pada acara tersebut menyampaikan perlunya pengelolaan kota untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

"Kota-kota di dunia sumber emisi, penyebab utama perubahan iklim ini yaitu kota-kota ini. Kita ingin memitigasi tentu perlu kita kelola emisi dari kota-kota, kalau perlu kita hindari," kata Wapres.

Wapres menambahkan, kota juga akan menjadi korban pertama dampak pemanasan global. Untuk itu, penerapan teknologi hijau yang ramah lingkungan perlu digunakan. Energi yang lebih bersih juga perlu diperkenalkan.

"Next step tentu kita mengkondisikan energi dan teknologi pemukim-pemukim di kota ini yang lebih bersih," katanya.

Hari Habitat Dunia telah diperingati negara di seluruh dunia sejak 1986 setelah Perhimpunan Bangsa-Bangsa menetapkannya. Hari Habitat Dunia diperingati setiap hari pertama Oktober.

Dalam Hari Habitat Dunia kali ini, selain mengadakan Workshop dan seminar juga diikuti antara lain acara lomba foto, kongres sanitasi dan air minum, sarasehan dan penanaman pohon.
(M041)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011