Jakarta (ANTARA) - Instagram meluncurkan fitur favorit dan mengikuti yang akan berpengaruh kepada konten yang tampil di laman utama Feed.

"Kami ingin semua orang bisa membangun pengalaman terbaik saat menggunakan Instagram. Memiliki kendali terhadap hal-hal yang mereka lihat adalah langkah penting untuk mewujudkan hal tersebut," kata Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara, Putri Silalahi, dikutip dari siaran pers, Jumat.

Dengan fitur-fitur ini, tampilan Feed pengguna akan terpisah, salah satunya akan memunculkan konten secara kronologis.

Pada tampilan favorit, unggahan yang dimuat berasal dari akun-akun yang disukai, misalnya keluarga, sahabat dan konten kreator idola. Unggahan dari mereka akan muncul sesuai urutan waktu (kronologis).

Baca juga: Instagram berikan fitur moderator untuk siaran langsung

Instagram mengizinkan pengguna menambahkan hingga maksimal 50 akun untuk masuk ke tampilan favorit. Daftar pertemanan ini bisa diubah sesuai keinginan.

Konten dari akun favorit akan muncul lebih tinggi di tampilan beranda.

Tampilan mengikuti (follow) berisi unggahan dari akun-akun yang diikuti. Instagram juga menampilkan unggahan terbaru berada di urutan paling atas pada fitur ini.

Sementara itu, Feed yang selama ini muncul di tampilan awal Instagram bernama beranda. Tampilan beranda berisi unggahan dari orang yang diikuti dan rekomendasi konten dari Instagram yang diprediksi sesuai dengan minat pengguna.

Konten yang tampil di beranda tidak secara kronologis, Instagram menggunakan algoritma untuk menampilkan konten dalam urutan peringkat.

Baca juga: Rusia larang Facebook dan Instagram karena "ekstremisme"

Baca juga: David Beckham serahkan akun Instagram-nya kepada dokter di Kharkiv

Baca juga: Rusia buat Rossgram sebagai pengganti Instagram

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022