Jakarta (ANTARA) - Uruguay dan Ekuador memastikan diri masuk putaran final Piala Dunia, menyusul Brazil dan Argentina sebagai wakil otomatis Amerika Selatan.

Jumat pagi ini Uruguay mengalahkan Peru 1-0, sedangkan Ekuador takluk 1-3 kepada Paraguay. Dengan demikian kedua tim sama-sama mengumpulkan 25 poin dan menyisakan satu pertandingan lagi. Peru sendiri yang mengumpulkan 21 poin berada pada tempat kelima.

Peru, Kolombia (20 poin) dan Chile (19 poin) kini akan memperebutkan tempat kelima dan tempat playoff melawan tim Asia.

Peru menjamu Paraguay, Kolombia bertandang ke Venezuela dan Chile menjamu Uruguay pada Selasa dalam putaran terakhir grup.

Uruguay mengalahkan Peru berkat gol Giorgian de Arrascaeta tiga menit sebelum turun minum. Peru menilai bola yang disapu kiper Uruguay Sergio Rochet sudah melewati garis gawang tetapi protes mereka tak digubris wasit sehingga gagal menyamakan kedudukan.

Kekalahan Peru membuat Ekuador sudah pasti lolos, apapun hasil laga mereka melawan tuan rumah Paraguay. Sebaliknya kemenangan Paraguay membuat pelatih Guillermo Barros Schelotto memperoleh kemenangan pertamanya sejak mengambil alih timnas ini Oktober tahun lalu.

Robert Morales membawa Paraguay unggul pada menit ke-10 yang digandakan oleh gol bunuh diri Piero Hincapie menjelang turun minum.

Miguel Almiron mengubah kedudukan 3-0 sembilan menit memasuki babak kedua sebelum Jordy Caicedo mencetak gol untuk Ekuador dalam lima menit tersisa. Ini merupakan kemenangan pertama Paraguay dari delapan pertandingan.

Dalam hari yang sama, Brazil mengalahkan Chile 4-0 di Stadion Maracana berkat dua gol penalti Neymar dan Philippe Coutinho.

Vinicius Junior mendapatkan gol internasional pertamanya dan pemain pengganti Richarlison menyempurnakan kemenangan Brazil pada menit terakhir.

Kolombia mencetak gol untuk pertama kalinya dalam delapan pertandingan ketika menang 3-0 di kandang sendiri atas Bolivia. Ketiga gol dicetak Luis Diaz, Miguel Borja dan Mateus Uribe.

Argentina menghadapi Venezuela di Buenos Aires, Jumat waktu setempat atau Sabtu pagi WIB esok, demikian laporan Reuters.


Baca juga: Brazil libas Chile empat gol tanpa balas
Baca juga: Jepang amankan satu tiket Piala Dunia 2022 usai kalahkan Australia 2-0
Baca juga: Positif COVID-19, Lautaro Martinez batal bela timnas Argentina


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022