... bentuk promosi tentunya di satu sisi bahwa negara Indonesia memang kaya dengan budaya dan kerajinan batik tulis...
Pamekasan (ANTARA News) - Sebanyak 814 calon haji asal Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menggunakan seragam batik yang diharuskan Kementerian Agama mulai musim haji tahun ini.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Pamekasan, Juhedi, Senin, menyatakan, calon haji menggunakan seragam batik untuk memperkenalkan hasil karya budaya Indonesia kepada masyarakat internasional.

"Ini sebagai bentuk promosi tentunya di satu sisi bahwa negara Indonesia memang kaya dengan budaya dan kerajinan batik tulis," kata Juhedi menjelaskan.

Pada Senin (3/10), sebanyak 814 orang calon haji asal Kabupaten Pamekasan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 dan 6 masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya untuk bersiap berangkat ke Tanah Suci.

Mereka berangkat dari Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan dan dilepas langsung oleh Bupati Kholilurrahman.

Tangis haru dari pihak keluarga pengantar calon haji sempat mewarnai keberangkatan pelepasan calon haji asal Pamekasan di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

Sementara itu, arus lalu lintas dilaporkan lumpuh total selama pemberangkatan calon haji di Kabupaten Pamekasan pada Senin (3/10) itu.

Petugas lalu lintas dari Polres Pamekasan terpaksa menutup semua ruas jalan dari dan menuju monumen Arek Lancor yang merupakan tempat para calon haji diberangkatkan. (KR-ZIZ)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011