Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Korea Selatan Kia Corp mengatakan bahwa pihaknya akan membangun pabrik kendaraan yang dibuat khusus (purpose-built vehicle/PBV) di salah satu pabrik domestiknya, sebagai upaya untuk menjadi penyedia solusi mobilitas masa depan.

Kia berencana untuk menyelesaikan pabrik PBV pada akhir 2024 dan mulai beroperasi pada 2025, menurut laporan media, dikutip Yonhap, Jumat.

"Sebuah bangunan di pabrik Hwaseong (perusahaan) akan diubah menjadi pabrik PBV. Jangka waktu untuk pembangunan pabrik dan produksi di Hwaseong belum diputuskan," kata juru bicara perusahaan.

Baca juga: Kia akan luncurkan 14 model listrik pada 2027

Kia mengatakan pada CEO Investor Day 2022 awal bulan ini bahwa mereka akan meluncurkan PBV berdasarkan mobil mini Ray 1 liter dan model hibrida Niro tahun ini.

Niro Plus PBV akan digunakan untuk layanan taksi listrik di pasar domestik dan untuk layanan panggilan mobil di pasar luar negeri, kata perusahaan itu.

Kia memiliki delapan pabrik domestik di Korea dan tujuh pabrik di luar negeri, yakni tiga di China dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko, dan India. Kapasitas keseluruhan mereka adalah 3,84 juta unit.

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di Eropa naik 25 persen pada Februari

Baca juga: Jakarta Auto Week, ajang peluncuran dan sarana test drive mobil baru

Baca juga: Enam perusahaan tarik 92 ribu mobil di Korsel karena suku cadang rusak
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022