Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap
Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel mulai mengalihkan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di ratusan kota dan kabupaten mulai bulan Maret.

"Maret 2022 akan menjadi tahap pertama Telkomsel dalam melakukan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap di beberapa wilayah di Indonesia," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho dikutip dari siaran pers, Jumat.

Peningkatan jaringan dari 3G ke 4G Telkomsel dilakukan secara bertahap, dengan target selesai pada akhir tahun ini. Untuk tahap pertama, pengalihan jaringan akan dilakukan mulai Maret sampai Mei di 90 kabupaten dan kota di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel sediakan 5G di MotoGP Mandalika

Tahap kedua berlangsung pada Juni sampai Juli di 132 kabupaten dan kota, berlanjut ke tahap berikutnya pada Agustus-Oktober di 178 kabupaten dan kota.

Tahan terakhir peningkatan jaringan 3G ke 4G berlangsung pada November-Desember di 104 kabupaten dan kota.

"Melalui pemerataan jaringan broadband terdepan ini akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan, baik dalam memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital di dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok negeri," kata Nugroho.

Telkomsel sudah mempersiapkan secara teknis agar migrasi 3G ke 4G/LTE tidak mengganggu pengguna kartu seluler tersebut. Sosialisasi dan mitigasi dilakukan hingga ke tingkat kecamatan di lokasi yang mengalami peningkatan jaringan.

Baca juga: Telkomsel luncurkan Telkomsel Prabayar Tourist untuk wisatawan asing

Persiapan migrasi jaringan sudah dilakukan sejak tahun lalu, yaitu menata ulang (refarming) pita frekuensi 2,3GHz untuk penguatan kapasitas dan kualitas jaringan 4G/LTE.

Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengalihkan jaringan ke 4G pada ribuan BTS USI di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Untuk menggaet minat masyarakat yang belum beralih ke 4G/LTE, Telkomsel membuat paket bundel kartu perdana dengan kuota data internet dan paket bundel ponsel dengan kuota internet untuk sejumlah wilayah.

Telkomsel juga menyediakan layanan untuk meningkatkan kartu SIM ke uSIM 4G secara luar jaringan dan dalam jaringan. Pengguna bisa datang langsung ke gerai GraPARI atau MyGraPARI untuk mengganti kartu SIM.

Sementara untuk layanan online, pengguna bisa memanfaatkan layanan GraPARI Online atau menghubungi media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Twitter dan asisten virtual Telkomsel.

Layanan ini juga tersedia di toko daring resmi Telkomsel di JD.ID, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Pelanggan yang sudah menggunakan jaringan dan kartu uSIM 4G tetap bisa menggunakan layanan Telkomsel seperti biasa.

Baca juga: Penggunaan internet Telkomsel naik selama MotoGP Mandalika

Baca juga: Telkomsel sukses jaga keandalan telekomunikasi saat MotoGP Mandalika

Baca juga: MAXstream Telkomsel hadirkan film pembelajaran berumah tangga

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022