Jakarta (ANTARA) - Satgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir TNI AL menggelar bakti sosial, menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat, dan kepala suku di Kampung Kalibeneak, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

"Selain bakti sosial, kami mengadakan anjangsana ke rumah Kepala Suku Iniye," kata Komandan Satgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Tri Yudha Ismanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Bakti sosial dan anjangsana merupakan arahan atau instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. TNI AL diminta hadir dan memberikan manfaat serta cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan yang dihadapi rakyat.

Baca juga: TNI AL Labuan Bajo amankan 26 unit kendaraan dan 10 ton minyak goreng

Saat melakukan anjangsana ke Kepala Suku Iniye, yakni Ganimi Tabuni yang merupakan salah satu perintis pembentukan Kabupaten Nduga, Korps Marinir membangun honae kepala suku yang diberi nama Honae Marinir.

Tidak hanya itu, TNI AL khususnya Korps Marinir memberikan layanan kesehatan hingga pembagian paket sembako gratis kepada masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Personel Lantamal VIII bersih-bersih sungai peringati Hari Air Sedunia
Baca juga: Kasal: Kapal patroli cepat TNI AL akan dipersenjatai rudal


"Honae untuk Kepala Suku Bapak Ganimi Tabuni ini dapat difungsikan sebagai tempat berkomunikasi dengan masyarakat Suku Iniye," kata dia.

Khusus layanan kesehatan, Korps Marinir mengerahkan sebuah mobil yang melayani puluhan pasien dengan berbagai jenis penyakit, misalnya malaria, sakit ulu hati, migrain, bisul, flu, demam, gatal gatal, batuk, dan pilek. Bahkan, Satgas Marinir memberikan edukasi cara hidup sehat sekaligus membagikan sabun antiseptik.

"Output dari kegiatan ini diharapkan dapat membangun komunikasi sosial yang harmonis," kata dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022