Jakarta (ANTARA) -
TNI Angkatan Darat kembali menggelar Kejuaraan Nasional Judo dalam memperebutkan piala Kasad Cup untuk mencetak atlet Judo berprestasi.
 
Kejurnas Judo Kasad Cup XIII Tahun 2022 ini digelar di GOR Kartika Divif 1 Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Jumat.
 
Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irjenad Letjen TNI Wisnoe P.B. mengatakan bahwa Kejuaraan Nasional Judo Kasad Cup merupakan kalender rutin tahunan Pengurus Besar PJSI yang telah berlangsung untuk yang ke-13 kalinya.
 
Kasad menjelaskan bahwa kejuaraan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga judo sebagai ajang pembinaan yang berkesinambungan dan sebagai tolok ukur pembinaan olahraga judo di Tanah Air.
 
Selain itu, melalui kejurnas yang memperebutkan piala bergilir Kasad ini, dia berharap mampu mencetak pejudo-pejudo muda berprestasi yang dapat mengikuti program Pelatnas dalam rangka persiapan menghadapi event regional dan internasional.
 
Persiapan menghadapi Asian Games XIX 2022 di Hangzhou, Tiongkok dan Sea Games XXXI 2022 di Vietnam. Selain itu, kejurnas ini sebagai ajang untuk pengumpulan nilai/poin menuju PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut.
 
Jenderal Dudung mengatakan bahwa pada Kejuraan Judo Kasad Cup ke XIV pada tahun depan turut juga dilombakan kelas militer sehingga ke depannya TNI AD akan menghidupkan kembali Persatuan Judo Angkatan Darat (PJAD).
 
"Oleh karena itu, masing-masing kotama mempersiapkan dan membina para atletnya. Markas Divisi 1 Kostrad akan dijadikan sebagai training center untuk pejudo TNI AD," kata Dudung.
 
Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak usai pembukaan Kejurnas Judo Piala Kasad menegaskan bahwa Kejuaraan Judo Kasad Cup XIII ini mulai dipertandingkan kategori Cadet yang diharapkan dapat menjadi kadet atlet judo nasional yang diproyeksikan untuk Sea Games, Asian Games, sampai dengan Olimpiade.
 
"Judo ini merupakan olahraga Olimpiade, target kami dalam kejuaraan ini akan sampai ke sana. Di samping itu, juga kategori atlet judo dari TNI AD dibuat kategori tersendiri karena PJAD baru dihidupkan kembali, dan bila berprestasi dimungkinkan untuk direkrut oleh Pelatnas," ujarnya.
 
Maruli yang menjabat Pangkostrad ini menambahkan training center (TC) bagi atlet judo nasional yang dilaksanakan di Ciloto akan menyertakan mulai dari kelas Cadet.
 
Kejurnas Judo Kasad Cup XIII ini mempertandingkan berbagai kelas perorangan meliputi Kelas Junior di bawah 15 tahun, Kelas Senior di atas 15—19 tahun, Kelas Cadet 12—14 tahun, serta beregu Nageno Kata dan Juno Kata dengan jumlah peserta 470 orang dari 23 pengurus provinsi judo di Indonesia dan berlangsung hingga 27 Maret 2022.

Baca juga: PB PJSI gelar kejurnas judo virtual pada 7 November

Baca juga: Jabar raih dua emas Junior Kartika Cup

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022