Mataram (ANTARA) - Universitas Bakrie dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat menjajaki kerjasama untuk berkolaborasi pengembangan pariwisata di provinsi itu.

Rektor Universitas Bakrie, Prof Sofia W Alisjahbana mengatakan Universitas Bakrie telah membidik potensi dari salah satu program strategis yang dicanangkan oleh Pemprov NTB.

"Universitas Bakrie mengusulkan dua program kerjasama untuk dikolaborasikan dengan Dinas Pariwisata NTB," kata Prof Sofia disela audiensi dengan Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi dan jajaran di Kantor Dinas Pariwisata NTB di Mataram, Jumat.

Sofia menjelaskan program kolaborasi itu, yakni pengembangan kualitas SDM, khususnya kalangan generasi muda yang akan berperan penting dalam pembangunan NTB di masa depan. Termasuk, dalam pengembangan SDM baik untuk program training, capacity building, hingga program pendidikan S1 dan S2.

Baca juga: Universitas Bakrie luncurkan Festival Samaragam

Baca juga: Universitas Bakrie wisuda 305 lulusan


"Kami sangat siap membantu Pemprov NTB dalam mengembangkan pariwisata baik dalam mem-branding NTB sebagai destinasi wisata nasional dan internasional," ujarnya.

Menurut dia, Universitas Bakrie memiliki 12 Program Studi yang terakreditasi baik dan baik sekali.

"Kita juga siap mengerahkan tim dosen kami untuk melakukan aktivitas penelitian guna mendukung branding NTB," ujar Sofia.

Oleh karena itu, kata dia, Universitas Bakrie sangat terbuka terhadap berbagai masukan dari Dinas Pariwisata NTB untuk program-program kerjasama lainnya yang dapat dilakukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menyambut baik rencana kolaborasi antara Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata NTB bersama Universitas Bakrie.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi riset dalam mencari solusi dan menumbuhkan kembali rasa aman dari calon wisatawan untuk datang dan kembali ke Lombok, terlebih lagi pihaknya memang tengah melakukan berbagai usaha untuk menghidupkan destinasi rekreasi walau di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berharap jalinan kolaborasi ini dapat segera diresmikan dalam bentuk
penandatangan MoU," katanya didampingi
Sekretaris Dinas Pariwisata NTB, Lalu Hasbulwadi.

Dalam pertemuan tersebut, Universitas Bakrie juga menyerahkan hasil riset berupa naskah akademik untuk pengembangan pariwisata NTB tentang rancangan kebijakan gubernur mengenai pengelolaan krisis pariwisata daerah, sebagai hasil penelitian unggulan terapan perguruan tinggi 2021 dari Kemendikbudristek.

Tim penelitinya adalah Eli Jamilah Mihardja Ph.D dari Prodi Ilmu Komunikasi, Prof Sofia W Alisjahbana Ph. D dari Prodi Teknik Sipil dan dan Dr Prima Mulyasari Agustini dari Prodi Ilmu Komunikasi.*

Baca juga: Dispar NTB siapkan 22.452 kamar penginapan untuk penonton MotoGP

Baca juga: Dispar NTB gelar bersih-bersih kawasan wisata Senggigi sambut MotoGP

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022