Jakarta (ANTARA) - Volkswagen akan menunda peluncuran mobil listrik ID.5 selama sebulan hingga minggu pertama Mei karena gangguan dalam pasokan kabel bodi (wire harness) dari Ukraina, kata seorang juru bicara.

Kurangnya pasokan berarti bahwa pembuat mobil tidak dapat memproduksi kendaraan ekshibisi dan demonstrasi yang cukup untuk semua mitra penjualannya, menurut surat kepada dealer yang dilihat oleh publikasi otomotif Automobilwoche, yang pertama kali melaporkan berita tersebut, dikutip Reuters, Sabtu.

“Untuk memastikan semua mitra diperlakukan sama, kendaraan yang sudah berada di stasiun tujuan belum diantarkan,” kata surat yang diterbitkan Automobilwoche tersebut.

"Untuk memastikan ketersediaan kendaraan secara nasional untuk setiap agen, kami akan mendistribusikan kembali sebagian kendaraan ekshibisi," tambah dia.

ID.5 sedang diproduksi di pabrik Zwickau Volkswagen, di mana produksi dihentikan sementara karena kemacetan pasokan yang disebabkan oleh perang di Ukraina, tetapi akan mulai dilanjutkan pada minggu depan.

Baca juga: Volkswagen buka usaha di China, amankan pasokan bahan baku baterai

Baca juga: Bentley rilis mobil listrik tiap tahun mulai 2025

Baca juga: Volkswagen ingatkan risiko krisis Ukraina terhadap rantai pasokan

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022