Jakarta (ANTARA) - PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan partisipasi generasi muda penting untuk menyebarkan kesadaran (awareness) akan Tuberkulosis (TBC) dan cara memeranginya.

Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2022, PT Johnson & Johnson Indonesia mengumumkan dimulainya gerakan sosialisasi "Bersatu Melawan TBC (United Against TB)" yang memberdayakan kaum muda sebagai generasi untuk turut mendukung upaya penanggulangan TBC di Indonesia.

"Dengan meluncurkan gerakan sosialisasi yang memberdayakan generasi muda untuk mengakhiri TBC, kami mengakui potensi generasi muda sebagai agen perubahan, dimana secara kolektif mereka adalah generasi yang mampu mengatasi masalah yang terkait dalam penanganan TBC, seperti kesenjangan, stigma dan diskriminasi," ujar Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia Devy Yheanne, dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: Jaga kebersihan diri bisa cegah terkena TB termasuk di masa pandemi

Gerakan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, membantu meningkatkan deteksi dini, membuka akses perawatan kepada pasien yang tidak terdiagnosis dengan cara meningkatkan pemahaman generasi muda tentang penyakit ini, mendorong mereka untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat secara aktif, serta mengadvokasi orang-orang di sekitar mereka.

"Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah agar kaum muda benar-benar memahami penyakit TBC, dan dapat mengelola kesehatan mereka secara aktif, serta mengadvokasi orang-orang di sekitar mereka," imbuhnya.

Pada momentum Hari TBC Sedunia 2022, PT Johnson & Johnson Indonesia akan meluncurkan berbagai inisiatif yang melibatkan kaum muda untuk berperan sebagai katalis dalam program penanggulangan TBC di Indonesia, dengan fase pertama yang menampilkan filter gamifikasi media sosial TB Warriors sebagai berikut.

Mulai dari Tilt to Defeat TB, TB Trivia, Odd-one-out!, hingga Filter Wajah 4-in-1.

Gerakan sosialisasi "United Against TB" akan diselenggarakan hingga akhir tahun 2022. 

Para pemuda dapat berpartisipasi aktif atas berbagai kegiatan yang akan diluncurkan seperti gamifikasi TB Warriors, aktivasi hackathon yang mengajak mereka untuk menghasilkan solusi inovatif dan kreatif penanggulangan TBC di antara generasi muda.

Adapun berbagai informasi terkait dapat diakses di www.tbwarriors.com yang menampilkan sejumlah informasi terkait penyakit TBC dan rangkaian kegiatan dalam gerakan ini.

Baca juga: Nutrisi yang tepat dibutuhkan pasien tuberkulosis

Baca juga: RSUI buka layanan Tuberkulosis Resistensi Obat

Baca juga: Aplikasi Sobat TB bisa tingkatkan temuan kasus aktif untuk diobati

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022