Jakarta (ANTARA) - Argentina berhasil memetik kemenangan meyakinkan 3-0 atas Venezuela dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL) di Stadion Alberto Jose Armando, Buenos Aires pada Sabtu pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Lionel Messi menyumbang satu gol dalam pertandingan ini, dengan dua lainnya dicetak oleh Nicolas Gonzales dan Angel di Maria,

Kemenangan ini membuat anak asuh Lionel Scaloni mengoleksi 38 poin di klasemen zona CONMEBOL dari 16 laga. Sementara itu, Venezuela berada di posisi juru kunci.

Baca juga: Positif COVID-19, Lautaro Martinez batal bela timnas Argentina
Baca juga: Argentina panggil pemain muda Manchester United


Argentina sendiri sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar, bersama Brazil, Ekuador dan Uruguay.

Lionel Messi langsung memberikan ancaman saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang bisa diantisipasi Wuilker Farinez.

Venezuela membalas lima menit berselang. Salomon Rondon juga melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti, tetapi bolanya masih melenceng dari gawang Argentina.

Permainan disiplin Argentina dan Venezuela membuat keduanya sama-sama kesulitan membongkar pertahanan lawan. Peluang cuma terjadi akibat kesalahan pemain atau skema serangan balik lawan.

Pada menit ke-30, Messi langsung menciptakan dua peluang bagus. Namun, keduanya masih bisa diblok pemain lawan.

Baca juga: Sergio Aguero pensiun, Lionel Messi tulis pesan menyentuh

Argentina akhirnya bisa menjebol gawang Venezuela pada menit ke-30. Nicolas Gonzalez bisa menceploskan bola di depan gawang setelah meneruskan umpan Rodrigo De Paul. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Venezuela kesulitan membalas dan babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Setelah jeda istirahat, Argentina mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-53, sebuah percobaan kembali dilakukan Messi. Namun, sepakannya masih bisa diantisipasi kiper Venezuela, Farinez.

Venezuela berusaha membalas semenit berselang. Sebuah sundulan dilakukan Josef Martinez, memanfaatkan umpan silang Christian Casseres Jr masih membuat bola melenceng dari gawang.

Permainan kedua tim tidak berkembang memasuki menit ke-60, laga mulai berjalan alot.

Namun, Argentina berhasil menambah keunggulan mereka pada menit ke-79. Rodrigo De Paul menyodorkan bola ke Angel di Maria yang kemudian dituntaskannya dengan baik untuk membuat skor menjadi 2-0.

Tim Tango kembali memperbesar jarak mereka pada menit ke-82. Kini giliran Messi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan manis dari Angel di Maria setelah mengecoh satu pemain lawan. Kedudukan menjadi 3-0. Tidak ada gol tambahan tercipta hingga laga bubar.

Baca juga: Brazil libas Chile empat gol tanpa balas
Baca juga: Brazil dan Argentina diminta gelar kembali laga yang terhenti
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022