Jakarta (ANTARA) - Kemampuan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menghadapi ujian berat di turnamen Swiss Open 2022 saat keduanya menghadapi pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak semifinal di Basel, Sabtu.

"Kami tahu pasangan Malaysia kebanyakan mengandalkan pertahanan, mereka kuat, dan tidak gampang mati. Jadi antisipasinya kami harus sabar di bola belakang, lebih mengatur dan jangan terburu-terburu ingin mematikan dalam satu atau dua kali pukulan," kata Rian lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Sebagai faktor pendukung, Fajar/Rian melakukan persiapan berupa menjaga kondisi stamina, mencukupi waktu tidur hingga memenuhi asupan makanan dengan baik. Mengingat mereka juga belum pernah sekalipun menang atas Aaron/Soh, maka bermain tanpa beban dan fokus poin demi poin menjadi strategi Fajar/Rian.

Baca juga: Ganda putra Indonesia hadapi Malaysia di semifinal Swiss Open

Fajar/Rian mencapai babak semifinal setelah terlebih dulu menaklukkan pasangan Malaysia lainnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Dalam laga perempat final yang berlangsung hari Jumat, Fajar/Rian menang rubber game 21-12, 9-21, 22-20.

"Di gim pertama kami sudah benar menerapkan pola main dan lawan masih terlihat banyak mati sendiri. Gim kedua kami terlalu memaksa untuk bermain 'no lob' dan mereka banyak main di depan net, kami jadi terlalu banyak menerima serangan dan kurang siap dalam bertahan," kata Rian soal pertandingannya.

Kemenangan kembali didapat Fajar/Rian di gim ketiga. Meski mengawali gim penentu dengan banyak kesalahan dan mati sendiri, mereka mengubah pola permainan dengan lebih berani menyerang dan nekat hingga poin-poin terakhir.

Keberhasilan junior mereka yaitu Bagas/Fikri yanf menjuarai All England 2022 pekan lalu, menjadi motivasi tersendiri bagi Fajar/Rian untuk kembali bangkit setelah hasil kurang memuaskan di dua pertandingan awal mereka.

"Yang pasti di setiap turnamen kami juga ingin selalu memberikan yang terbaik dan menang. Setelah melihat junior-junior sudah banyak yang maju, kami pun tidak mau kalah. Harus benar-benar ekstra kerja keras untuk mengembalikan performa maksimal kami," Rian menyebutkan.

Baca juga: Indonesia vs India di semifinal tunggal putra Swiss Open 2022
Baca juga: Rehan/Lisa singkirkan unggulan, melaju ke semifinal Swiss Open 2022


Selain Fajar/Rian, Indonesia berhasil meloloskan empat wakil lainnya pada babak semifinal Swiss Open 2022, yaitu:

Tunggal putra
1. Anthony Sinisuka Ginting (3) vs Prannoy H.S. (India)
2. Jonatan Christie (4) vs Kidambi Srikanth (7/India)

Ganda putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (4) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (2/Malaysia)
2. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (8/Malaysia)

Ganda campuran
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (8/Jerman).

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022