Pontianak (ANTARA) - Presidium Majelis Nasional (MN) Korps Alumni HMI (KAHMI), Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyatakan KAHMI bersinergi dengan pemerintah untuk membangun daerah.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat Pelantikan dan Rakorwil Majelis Wilayah Korps Alumni HMI (KAHMI) dan Forum HMI Wati (FORHATI) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2022-2026 di Hotel Mercure Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu.

Presidium MN KAHMI tersebut mengatakan bahwa tugas KAHMI adalah mendukung pemerintah baik secara individu maupun institusi.

Baca juga: Ahmad Doli: Pemindahan IKN momentum percepat pemerataan pembangunan

"Kita memiliki peran dalam proses sosial, politik, ekonomi, dan pemerintahan yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa KAHMI yang merupakan kelompok masyarakat intelektual harus berperan di segala bidang maupun lingkungan di masyarakat.

"Kita punya tanggung jawab untuk membangun masyarakat yang baik," katanya.

Baca juga: Komisi II DPR RI mengingatkan penggunaan tata ruang di Batam

Sementara itu Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta kader HMI untuk didorong masuk ke semua lini bukan hanya politik.

"Contohnya kita lihat di lapangan banyak anggota HMI yang mengembangkan BUMDes, lalu berkembang maju sehingga dia jadi manajer di sana," kata Sutarmidji.

Ia berharap KAHMI dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk pembangunan karena KAHMI memiliki orang-orang intelektual yang berada di segala lapisan masyarakat baik itu di pemerintahan, para ahli, maupun pengusaha.

Sementara itu Ketua Majelis Wilayah KAHMI Kalimantan Barat Muhammad Isnaini mengatakan akan mendata alumni HMI terkait profesi dan alamat untuk memetakan potensi demi kemajuan bersama.

Baca juga: Komisi II DPR pastikan pelayanan Pemda berjalan di tengah pandemi

"Yang pertama kami akan merawat pengaderan HMI, yang kedua meningkatkan kualitas maupun kuantitas alumni HMI di segala aspek, yang ketiga membangun kemandirian ekonomi, salah satunya menciptakan entrepreneur muda," katanya.

Majelis Wilayah Korps Alumni HMI (KAHMI) dan Forhati Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelantikan pengurus periode 2022-2026 sekaligus menyepakati program kerja dalam rapat kerja wilayah (rakerwil) yang diadakan Sabtu.

Tema Pelantikan dan Rakerwil adalah "Meneguhkan Peran dan Kiprah KAHMI Mewujudkan Indonesia yang Makmur Sejahtera".

Pewarta: Nurul Hayat dan Amirul Romadhan
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022