Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 5.000 orang dari koalisi masyarakat sipil di Priangan Timur yang terdiri atas Serikat Petani Pasundan (SPP), nelayan, komunitas kreatif, dan buruh mendukung Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Dukungan tersebut, berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta dideklarasikan dalam kunjungan Gus Muhaimin, sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar, bertajuk "Silaturahmi Hati Pemimpin Bangsa dengan Rakyat Priangan Timur" di GOR Sukapura Dadaha, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Sabtu.

"Gus Muhaimin adalah presiden alternatif untuk Pilpres 2024. Dia punya visi yang jelas untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di antaranya dalam masalah tanah bagi petani," ujar deklarator dukungan Agustiana.

Baca juga: Wakil Ketua DPR kunjungi Ponpes Miftahul Khoirot pascakebakaran

Agustiana yang merupakan Sekretaris Jenderal SPP ini mengatakan bahwa Gus Muhaimin merupakan tokoh politik nasional yang memiliki pengalaman panjang, termasuk di dunia aktivis. Ia menilai Gus Muhaimin senantiasa membela kepentingan rakyat.

"Gus Muhaimin itu dari kecil lahir di pesantren. Kemudian, saat besar, dia kuliah jadi aktivis mahasiswa dan membela rakyat," kata dia.

Oleh karena itu, ujar Agustiana, pihaknya mendaulat Gus Muhaimin sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Baca juga: Muhaimin Iskandar dorong Pemerintah optimalkan SDM kelautan

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin memberikan penghargaan kepada para pejuang ekonomi, seperti petani, nelayan, dan profesi lainnya yang telah bekerja keras membawa kehidupan lebih baik.

"Saya mengucapkan terima kasih dan hormat atas prestasi, kerja keras, dan seluruh upaya yang telah dilakukan ibu serta bapak. Semuanya adalah contoh bagi kami untuk terus berjuang dan mengabdi kepada masyarakat, rakyat, dan bangsa Indonesia," kata Gus Muhaimin.

Ia mengatakan cita-cita besar bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan tidak sulit karena negara ini memiliki kekayaan yang melimpah, seperti tanah yang luas, subur, bahkan kekuatan alam yang dahsyat.

Baca juga: Gus Jazil bersyukur Muhaimin calon presiden favorit warga NU

Di samping itu, ujar dia, bangsa Indonesia memiliki modal yang cukup untuk mewujudkan kekuatan dan kemakmuran rakyat melalui dasar-dasar kebangsaan, seperti UUD NRI 1945 dan Pancasila.

Gus Muhaimin menyatakan menerima daulat dari koalisi masyarakat sipil di Priangan Timur yang meliputi wilayah Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran itu untuk menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

"Saya nyatakan perintah amanah koalisi masyarakat sipil ini insyaallah akan PKB usung dan menjadi misi perjuangan PKB dengan mengucapkan bismilihahi tawakaltu alallah, lahaula walakuata ilah bilah. Saya akan membawa amanat perjuangan ini hingga sukses sampai pada wujudnya Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera," kata Gus Muhaimin.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022