Lampu yang dipadamkan, mulai dari lampu 'facade' baik dari sisi gedung maupun milik tenant
Jakarta (ANTARA) - Salah satu pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta Pusat, Grand Indonesia, memadamkan lampu di sejumlah titik mulai, dari lampu fasad, lampu di pintu masuk, hingga eksterior, dalam mendukung kampanye global "Earth Hour".

Corporate Communications Grand Indonesia, Annisa Hazarini, menjelaskan pemadaman lampu dipusatkan di area bagian luar mal pada pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

"Lampu yang dipadamkan, mulai dari lampu 'facade' baik dari sisi gedung maupun milik tenant, semua 'window display' yang mengarah keluar, lampu taman, lampu di pintu masuk, lobi, parkiran, dan underskybridge," kata Annisa saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu malam.

Meskipun sebagian lampu dimatikan, tapi pengelola mal tetap berupaya menguatamakan keamanan dan kenyamanan pengunjung ketika pelaksanaan "Earth Hour".

Karenanya, Grand Indonesia telah memasang informasi pemadaman lampu di sejumlah titik dalam kampanye "Earth Hour", baik di bisnis unit, maupun media sosial.

"Untuk di area mal, para pengunjung juga diinformasikan melalui pengeras suara sehingga mereka dapat mengetahui kampanye yang akan dilakukan," kata Annisa.

Salah satu gerai kecantikan, The Body Shop Indonesia, juga memberikan potongan herga sebesar 20 persen untuk seluruh produk dengan membawa kemasan yang sudah kosong.

Aksi pemadaman lampu oleh pusat perbelanjaan di Jakarta ini merupakan bentuk dukungan terhadap "Earth Hour" yang diperingati pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga mengajak warga Jakarta untuk mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu mulai pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB dalam kegiatan global yang digagas oleh organisasi lingkungan WWF itu.

Selain mematikan lampu, Anies juga mengajak masyarakat mematikan alat elektronik yang tidak digunakan selama satu jam. "Jakarta bersama 190 negara di dunia melakukan program 'Earth Hour'm" katanya.

Baca juga: Mal di Jakarta dukung "Earth Hour" dengan padamkan lampu eksterior
Baca juga: Pemkot Jakbar padamkan lampu di dua lokasi untuk program "Earth Hour"
Baca juga: Sejumlah kantor pemerintah di Jaksel padam selama Earth Hour

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022