Jakarta (ANTARA) - Apple dirumorkan akan membuat layanan baru untuk para pembeli iPhone serta perangkat keras lainnya dengan metode berlangganan.

Baca juga: Apple One resmi meluncur

Layanan yang dimaksud artinya pengguna akan membayar biaya setiap bulannya dan mendapatkan iPhone pilihan mereka dengan peningkatan gratis saat model baru diumumkan.

Mengutip GSM Arena, Minggu, kabar itu dibawa oleh jurnalis asal Bloomberg Mark Gurman yang juga seorang pembocor teknologi.

Berbeda dengan paket berlangganan saat ini, nantinya metode berlangganan yang disiapkan Apple berkaitan erat dengan akun ID Apple milik pengguna.

Ada layanan yang menggabungkan Apple Care gratis hingga layanan Apple One yang mencakup Apple Music, Apple TV+, Apple Arcade, iCloud+, Apple News+, dan Apple Fitness+.

Layanan itu diperkirakan akan mulai dilakukan pada akhir 2022 atau justru pada awal 2023 bersamaan dengan kehadiran iPhone baru.

Baca juga: Pelanggan Apple Music bisa beri hadiah gratis langganan ke teman

Sistem berlangganan tersebut akan dimulai dari para pengguna iPhone dan nantinya disusul ke pengguna perangkat keras Apple lainnya seperti iPad, MacBook, hingga Apple Watch.

Belum ada spesifikasi harga yang disebutkan untuk layanan berlangganan tersebut, namun Mark memperkirakan layanan itu akan berada di kisara 20- 40 dolar AS atau setara Rp287 ribu- Rp 576 ribu.

Masih belum jelas juga bagaimana dengan pelanggan yang memilih menghentikan masa berlangganannya apakah akan mempengaruhi harga ponsel atau tidak.

Sebelumnya, metode serupa juga pernah diterapkan Google pada ponselnya yaitu Pixel dengan nama program langganan Pixel Pass.

Para pengguna Pixel di Amerika Serikat bisa memilih antara Pixel 6 atau Pixel 6 Pro yang telah disiapkan disisipkan biaya berlangganan untuk layanan Google seharga 45- 55 dolar AS perbulannya.



Baca juga: Spotify akan luncurkan opsi langganan untuk podcast

Baca juga: Apple pangkas "notch" pada iPhone 14

Baca juga: Apple rilis iPhone 13 pada 14 September

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022