Medan (ANTARA News) - Sebanyak 455 jamaah calon haji (JCH) yang tergabung pada kelompok terbang 04 Embarkasi Medan berangkat ke Jeddah melalui Bandara Internasional Polonia.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Sazli Nasution, Rabu, mengatakan jamaah yang bertolak ke tanah suci itu,dalam keadaan lengkap dan tidak ada yang kurang, serta seluruhnya ikut berangkat.

Bahkan, katanya, jarang terjadi hal yang seperti ini, seluruh jumlah JCH dalam keadaan lengkap.

"Sudah empat kelompok terbang (Kloter) dari Embarkasi Medan berangkat ke Mekkah, namun baru kali ini yang lengkap, serta seluruh JCH dalam keadaan sehat, tidak ada yang mengalami sakit," kata Sazli.

Dia mengatakan, ratusan JCH dari Kloter 04 yang dipimpin Yusri Abdul Hakim Bin Abdul Hakim, perlu dicontoh oleh kloter lain.

"Kloter 04 ini seluruhnya lengkap, tidak ada yang sakit, batal, ditunda maupun yang mengundurkan diri," ujar Sazli.

Dia mengatakan, dari 455 JCH itu, tediri dari Medan (176 orang), Simalungun (148 orang) dan Pematang Siantar (125 orang).

"Jamaah haji kloter tersebut, yakni 199 pria dan 256 wanita.Lebih banyak wanita daripada pria," kata Sazli.

Sementara itu, Wakil Wali kota Pematang Siantar, Koni Ismail dalam sambutannya meminta jamaah haji,dapat lebih fokus dalam melaksanakan ibadah haji ini, jangan pikirkan yang lain-lain.

Tujuan JCH berangkat ke tanah suci, adalah untuk melaksanakan ibadah haji,sehingga diharapkan dapat menjadi haji yang mabrur.

" Para jamaah haji tidak usah memikirkan belanja dan beli oleh-oleh selama berada di Mekkah.Yang terpenting jaga kesehatan, sehingga tidak mengalami hambatan," katanya.

Data yang diperoleh di Asrama Haji Medan, jumlah JCH asal Sumut tahun 2011 yang akan berangkat ke Mekkah mencapai 8.499 orang berasal dari kabupaten/kota se provinsi tersebut.

Sedangkan JCH pada tahun 2010 yang berangkat ke tanah suci, tercatat 8.330 orang. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011