BPJT Kementerian PUPR dalam mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran 2022 yaitu fokus terhadap peningkatan pelayanan di jalan tol
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini.

"BPJT Kementerian PUPR dalam mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran 2022 yaitu fokus terhadap peningkatan pelayanan di jalan tol," kata Kepala BPJT Danang Parikesit dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Peningkatan pelayanan itu dilakukan dengan memastikan kualitas jalan tol dengan kondisi baik, peningkatan layanan transaksi, peningkatan layanan tempat istirahat dengan protokol kesehatan COVID-19, peningkatan layanan lalu lintas di jalan tol, peningkatan layanan konstruksi, kesiapsiagaan antisipasi penanganan bencana melalui kerja sama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) beserta stakeholder terkait.

Danang mengatakan BPJT telah mengikuti arahan Menteri PUPR terkait antisipasi arus Lebaran 2022 yakni fokus pada kerusakan jalan dan kegiatan rekonstruksi di jalan tol yang diharapkan pada H-15 Lebaran sudah tidak ada lubang agar pengendara dapat lancar dan nyaman melintas pada pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 nanti.

Selain itu BPJT berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memastikan kelengkapan rambu dan marka.

"Terkait pemeriksaan kondisi jalan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022, Menteri PUPR akan melakukan pengecekan lapangan untuk memastikan perbaikan dapat berjalan dengan baik dan berkualitas, khususnya pada perbaikan ruas Lampung hingga Palembang yang harus tuntas pada 15 April 2022 mendatang," katanya.

Terkait manajemen pengaturan lalu lintas di jalan tol selama periode Lebaran 2022, BPJT akan mengikuti instruksi dan arahan dari Kepolisian seperti kebijakan buka-tutup rest area, one-way dan contra-flow, serta pengendalian kendaraan ODOL.

"Selain itu juga terdapat beberapa ruas baru yang akan difungsionalkan mendukung arus mudik nanti baik di Aceh, Bengkulu, dan rencana fungsional Jalan Tol Japek 2 selatan untuk arus balik secara parsial," kata Danang.

Untuk peningkatan layanan konstruksi di jalan tol menjelang mudik lebaran 2022, dilakukan pelebaran lajur pertemuan ruas tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated Jalur A (KM 48+195 s.d. KM 51+100 & Jalur B (KM 49+700 – KM 48+050. Selanjutnya untuk pekerjaan proyek yang berpotensi menganggu lalu lintas di jalan tol dihentikan sementara, dan dilakukan pekerjaan pemeliharaan rutin SPM jalan tol.

"BPJT juga memastikan keberfungsian CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi. Juga terdapat aplikasi BPJT Info dan aplikasi dari masing-masing BUJT untuk informasi seputar Jalan Tol dan tarif tol yang tersedia," kata Danang.

Keberadaan TI/TIP (Rest Area) juga menjadi faktor penting BPJT beserta Badan Usaha Jalan Tol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna tol.

Danang  menyampaikan bahwa dalam pengelolaannya di Rest Area, diterapkan physical distancing dan memastikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 terlaksana.

Selain itu membatasi kapasitas parkir maksimum 50 persen dan waktu singgah pengunjung, menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan, dan manajemen pengelolaan antisipasi kepadatan kendaraan bersama pihak kepolisian.

Baca juga: Tol Serpong-Balaraja 1A ditargetkan rampung pertengahan 2022

Baca juga: Kementerian PUPR pacu transformasi, inovasi, dan modernisasi jalan tol

Baca juga: BPJT akan kombinasikan teknologi MLFF dan pemantau truk ODOL di tol

Baca juga: Kementerian PUPR: Aplikasi tol nirsentuh bakal dirilis Juli 2022

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022