IPNU dan IPPNU mempunyai kontribusi dalam menciptakan pemimpin hebat dan perubahan untuk Indonesia, khususnya Kota Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) menjadi agen perubahan di Kota Pahlawan itu.

"Para pemuda dan pemudi yang tergabung dalam IPNU dan IPPNU mempunyai kontribusi dalam menciptakan pemimpin hebat dan perubahan di masa depan untuk bangsa Indonesia, khususnya Kota Surabaya," kata Eri Cahyadi dalam sambutan pelantikan Pengurus Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU di Surabaya, Minggu.

Baca juga: PTM 100 persen di Kota Surabaya wajib dapat izin orang tua

Pelantikan Pengurus IPNU dan IPPNU tersebut selain dihadiri Wali Kota Eri Cahyadi, juga dihadiri Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya Kiai Haji Ahmad Muhibbin Zuhri.

Juga Ketua Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur M. Fakhrul Irfansyah, Pengurus Pusat PP IPPNU Nurul Hidayatul Ummah, Wakapolrestabes AKBP Hartoyo, Anggota DPRD Kota Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas dan lainnya.

Wali Kota meminta para pengurus IPNU dan IPPNU Surabaya agar setelah dilantik ini bisa mewujudkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. "Tunjukkan semangat dan jangan sampai terombang ambing oleh kepentingan politik sesaat," ujarnya.

Baca juga: 1.000-an mahasiswa dari 23 PT ikuti Program Surabaya Mengajar

Menurut dia, dalam waktu dekat, Wali Kota Eri berencana mengumpulkan para pemuda yang tergabung dalam IPNU, IPPNU maupun dari Pemuda Muhammadiyah, untuk bergerak bersama pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Surabaya.

Menurut dia, Pemkot Surabaya tidak bisa berjalan sendiri dalam mengatasi kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

"Karena kota dan negara ini bertumpu kepada para pemuda-pemuda seperti 'panjenengan' (anda) semua ini. Karena itu saya berharap betul, para pemuda jangan sampai dibelokkan arahnya mengikuti kepentingan-kepentingan yang lain. Jadilah pemuda-pemuda yang bisa mengubah kota dan Negara melalui akhlakul karimah di masa mendatang, selamat mengemban tugas," ujarnya.

Baca juga: Lahan BTKD di Surabaya dimanfaatkan untuk pertanian perkotaan

Baca juga: Pemkot Surabaya pasang penyaring sampah sungai di lima titik


Sementara itu, Ketua PCNU Surabaya Ahmad Muhibbin Zuhri menyampaikan, pelantikan anggota IPNU dan IPPNU kali ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk para pemuda dan pelajar NU ke depannya. Da berharap para pemuda IPNU dan IPPNU bisa turun dan hadir langsung membantu di tengah-tengah masyarakat.

Muhibbin juga tidak lupa mengingatkan para pengurus baru IPNU dan IPPNU untuk memanfaatkan peluang di era digital untuk kepentingan masyarakat. Menurut dia, dunia digital menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus baru IPNU dan IPPNU.

"Ketika turun ke masyarakat juga harus menyesuaikan dengan era yang ada. Saya harap, para pengurus baru IPNU dan IPPNU bisa membawa perubahan besar bagi masa depan NU ke depannya," katanya.

Baca juga: Wali Kota Surabaya canangkan 25 Maret sebagai Hari Padat Karya

Baca juga: Komunitas: 70 persen sampah di Surabaya disumbang rumah tangga



 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022