zikir dan tabligh akbar rangkaian penutup setelah digelar bergilir di 17 kabupaten/kota se-Sumsel selama sebulan oleh Majelis Zikir At-Thohir yang didirikan Menteri Erick Tohir.
Sumatera Selatan (ANTARA) - Ribuan warga di pesisir kota Palembang, Sumatera Selatan melaksanakan zikir dan tabligh akbar bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menyambut keberkahan di bulan suci Ramadhan tahun 1443 H/2022 M.

Ibadah zikir dan tabligh akbar tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Ihsaniah Bayt Al-Quran Al-Akbar jalan Moh Amin – Lettu Karim Kadir, Kecamatan Gandus, Palembang, yang berada lebih kurang 200 meter dari tepian Sungai Musi, Minggu.

Pimpinan Pondok Pesantren Ihsaniah Bayt Al-Quran Al-Akbar Kgs Syofwatillah Mohzaib mengatakan, dirinya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas kehadiran dari Menteri Erick Tohir beserta jajaran pejabat pemerintahan Provinsi dalam ibadah zikir dan tabligh akbar tersebut bersama masyarakat setempat.

“Kami sebagai para ustadz pimpinan pesantren beserta masyarakat lainnya luar biasa sangat bersyukur kepada Allah SWT karena, kita semua bisa berkumpul bersilaturahmi kembali pada kesempatan ini. Apa lagi, majelis zikir ini yang mendirikannya itu ialah bapak Erick Tohir. Subhanallah, dengan demikian mudah-mudahan Insya-Allah negeri ini menjadi negeri baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur,” kata dia.

Menurut dia, zikir dan tabligh akbar tersebut merupakan rangkaian penutup setelah sebelumnya digelar secara bergilir di 17 kabupaten/kota se-Sumsel selama sebulan terakhir oleh Majelis Zikir At-Thohir yang didirikan oleh Menteri Erick Tohir.

Meskipun dengan segala keterbatasan waktu dan tempat, kata dia, tampak warga dan para santri sangat antusias dan khusyuk mengikuti rangkaian ibadah zikir dan mendengarkan tabligh yang disampaikan oleh ustadz nasional Habib Muhammad Syahab tersebut.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih karena pada kesempatan ini santriwan-santriwati beserta warga di sini juga mendapatkan santunan, itu sebuah kehormatan bagi kami, semoga bisa bermanfaat dan Allah SWT membalas semua amal kebaikan pemimpin-pemimpin kita ini,” kata dia.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sangat bersyukur telah berkesempatan melaksanakan ibadah zikir dan tabligh akbar tersebut berada ditengah masyarakat, sehingga bisa menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terputus selama dua tahun terakhir akibat kondisi terdampak pandemi COVID-19.

Menurut Erick, silaturahmi sangat penting untuk memperkokoh sebuah hubungan dalam bermasyarakat yang saat ini tengah berusaha untuk bangkit dari kondisi tekanan perekonomian dampak minor dari COVID-19.

“Silaturahmi ini sangat penting, ketika kita susah kita tidak tercerai-berai tapi jangan juga ketika senang kita berpisah, melainkan kita harus kokoh sebagai umat. Maka pada kesempatan ini marilah kita bersama berdoa kepada Allah SWT, memohon diberikan yang terbaik,” kata dia didampingi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Warga Kelurahan Karang Anyar Sholiha (49) mengatakan, dirinya secara khusus menghadiri zikir dan tabligh akbar tersebut bersama dengan ratusan kelompok ibu-ibu pengajian di tingkat kelurahan untuk bisa mendengarkan ceramah dari ustadz nasional.

Dirinya pun berharap tabligh akbar yang mendatangkan penceramah ustadz nasional seperti itu bisa terus berlanjut selama bulan Ramadhan nanti.

“Jangan cuma sekali ini saja pak kalau bisa dua kali seminggu selama bulan Ramadhan nanti digelar disini atau daerah lainnya, karena kami pasti datang, hari ini kami sewa mobil angkot patungan untuk mendengarkan ceramah dari ustadz yang kami tonton di TV, bukan karena apanya tapi yang pasti untuk menambah pengetahuan keagamaan,” katanya.
Baca juga: Angan-angan Jokowi tentang BUMN yang lebih maju
Baca juga: Erick Thohir harap lowongan di BUMN buka peluang kerja bagi masyarakat
Baca juga: Kedatangan Menteri BUMN ke lokasi kebakaran disambut warga Badui Dalam

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022