Jakarta (ANTARA) - Ariana DeBose meraih penghargaan aktris pendukung terbaik Oscar 2022 untuk perannya di "West Side Story" di acara Academy Awards yang dibuka dengan penampilan dari Beyonce yang menyanyikan lagu yang mendapat nominasi dari lapangan tenis.

DeBose berperan sebagai Anita, yang menyanyikan "America" di remake musikal klasik dari Steven Spielberg.

Sembari memegang piala emasnya, aktris Afro-Latina, bertanya kepada penonton untuk membayangkannya sebagai gadis kecil di kursi belakang Ford Focus putih.

"Kau melihat orang Latin yang queer, yang menemukan kekuatan hidupnya lewat seni. Dan itulah yang kita rayakan sekarang," katanya.

Baca juga: Daftar nominasi Oscar 2022

"Jadi, siapa pun yang mempertanyakan identitasmu, atau menemukan dirimu hidup di area abu-abu, saya berjanji: ini adalah tempat untuk kita semua," imbuh dia, merujuk kepada lagu dari "West Side Story".

Debose juga berterimakasih kepada Rita Moreno, yang mendapatkan penghargaan aktris pendukung terbaik tahun 1962 sebagai Anita di film musikal versi original.

Beyonce membuka acara dengan menampilkan "Be Alive", lagu dari "King Richard" yang dinominasikan dalam Oscar 2022. Film itu bercerita tentang ayah dari petenis Venus dan Serena Williams. Dia dan penari-penari latarnya berkilauan dalam busana kuning, tapil dari lapangan tenis di kampung halaman kakak beradik petenis di Compton, California.

"Tahun ini, Oscar mempekerjakan tiga perempuan untuk membawakan acara karena honornya lebih murah ketimbang mempekerjakan seorang lelaki," canda Schumer.

Dikutip dari Reuters, produser mengatakan mereka berencana membuat acara yang cerita, tapi tetap tidak melupakan krisis di Ukraina yang telah membunuh ribuan orang dan memaksa warga Ukraina mencari perlindungan di tempat lain. Aktor Mila Kunis, yang lahir di Ukraina, adalah salah satu dari presenter tahun ini. Jason Momoa memakai saputangan dengan warna bendera Ukraina, biru dan kuning.

Baca juga: Ariana DeBose bintangi film baru "Kraven the Hunter"

Baca juga: Academy Awards umumkan daftar pendek nominasi Oscar 2022

Baca juga: "The Power of Dog" dan "Dune" pimpin nominasi Oscar 2022

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022